Monday, 15 October 2018
Home / Berita Utama / Vespa Bangkotan Diusir dari Kota di Italia

Vespa Bangkotan Diusir dari Kota di Italia

Jakarta, Findonews.com – Pemerintah kota Genoa di Italia mengonfirmasi rencana pelarangan skuter keluaran pra-1999 beredar di pusat kota. Larangan yang berlaku antara pukul tujuh pagi hingga tujuh malam ini ditujukan untuk mengurangi polusi dari mesin tua.

Dilansir Leflanenews, peraturan ini bakal diterapkan pada Februari 2019. Sasaran utama pelarangan untuk model bermesin 2-tak seperti Vespa dan Piaggio Ape tiga roda, serta skuter lain yang tidak memenuhi standar emisi Uni Eropa.

“Terdapat polusi di sana. Aku cinta Vespa, aku juga memilikinya. Tapi (model tua) terlalu polutif dan kesehatan publik jauh lebih penting,” ujar Komisi Lingkungan Genoa, dikutip dari wawancara dengan surat kabar Italia, Corriere della Sera.

Walau alasannya masuk akal, pelarangan ini ironis buat Vespa yang lahir di Italia. Banyak warga Genoa mengandalkan skuter tua untuk kegiatan sehari-hari.

Genoa dengan jumlah penduduk sekitar 600.000 orang tercatat memiliki 180.000 skuter dan moped. Angka itu dua kali lebih tinggi dari rata-rata jumlah kendaraan tersebut di Italia.

Selain itu Genoa juga merupakan salah satu kota di Italia dengan rasio jumlah mobil per kapita paling kecil. Genoa hanya kalah dari Venesia yang mengandalkan perahu sebagai moda transportasi utama.

Beberapa kritikan terkait hal ini menyebut dampak pelarangan akan membuat banyak pengguna skuter harus beralih ke jalan kaki. Pandangan itu juga didasari atas sistem transportasi publik di Italia yang dinilai belum memuaskan.

Implementasi aturan ini juga dinilai terlalu dipaksakan mengikuti larangan serupa di negara Eropa utara dan menjadi bentuk kelalaian pemerintah Genoa menangani isu lebih penting seperti robohnya jembatan yang menewaskan 26 orang pada bulan lalu.

Pihak opsisi aturan ini sudah membentuk grup bernama “Genoa on Two Wheel”. Mereka menginginkan pemerintah menangguhkan peraturan, bila tidak bisa, ditunda selama mungkin.

Pada 2016 lalu, para pecinta skuter di Genoa sempat membatalkan larangan serupa. Namun kali ini sepertinya pemerintah setempat sudah mencapai kata mufakat untuk membatasi peredaran skuter gaek yang sudah batuk-batuk.

Check Also

Trump Sebut Putin Mungkin Terlibat Pembunuhan

Jakarta, Findonews.com – Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, mungkin terlibat dalam sejumlah kasus pembunuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *