Home / Berita Utama / Tips Beli Jeans yang Tidak Mudah Longgar

Tips Beli Jeans yang Tidak Mudah Longgar

Jakarta, Findonews.com – Celana jeans atau jin merupakan salah satu item fesyen yang wajib dimiliki semua orang. Selain mudah dipadukan dengan atasan apapun, jeans yang berkualitas bagus juga tahan lama dan tidak mudah robek. Jeans juga bersifat multifungsi, karena bisa dikenakan untuk berbagai macam gaya busana dan acara yang berbeda-beda, dari pergi ke mall hingga naik gunung.

Walau perawatannya cukup tergolong mudah karena tidak boleh dicuci terlalu sering, beberapa orang memiliki kesulitan karena jeans yang baru dibeli berubah menjadi longgar beberapa hari kemudian. Padahal, jeans tersebut terasa pas ketika dicoba di toko.

Dilansir dari laman Who What Wear, cara untuk memastikan jeans yang dibeli tidak mudah longgar adalah dengan mengecek bahan kain jeans itu sendiri.

 

Jika sebelumnya hanya mempertimbangkan ukuran, warna dan kenyamanan jeans, coba tengok berapa persentase katun dalam pembuatan bahan jeans tersebut, ketika pergi berbelanja jeans lain kali. Semakin tinggi kandungan katun dalam sebuah kain jeans, semakin kuat jeans tersebut.

“Saya tidak pernah membeli [jeans] apapun yang berada di bawah 98% katun, karena jeans dengan persentase lebih rendah dari itu bisa terasa lebih seperti jegging, bukan seperti jeans,” ucap Market Editor Who What Wear dan penggemar jeans Nicole Akhtarzad.

Jika katun telah membentuk 98 persen kain jeans, sisa 2 persen baiknya dibuat dari elastane, jelas Desainer Label Jeans Citizens of Humanity Alaina Miller.

“Untuk menghindari jeans yang mudah melonggar, cari yang mengandung setidaknya 2 persen elastane,” kata Miller.

 

Selain memerhatikan bahan kain jeans, Miller juga mengingatkan untuk mengetes tingkat ‘pemulihan’ suatu jeans. Pemulihan ini merupakan kemampuan jeans untuk kembali ke bentuk semula setelah ditarik.

Ketika mencoba jeans baru di ruang ganti, coba jongkok selama satu menit, kemudian berdiri lagi. Lihatlah di cermin apabila jeans yang dicoba tersebut telah kembali ke bentuk semulanya dengan cepat. Jika jeans tidak pulih ke bentuk awal setelah berdiri, artinya jeans mudah longgar.

Check Also

Kampanye Ramadan: Demiz ke Pasar Kaget, Emil Kunjungi Pabrik

  Bandung, Findonews.com – Para calon gubernur pada Pilgub Jawa Barat 2018 tetap melakukan kampanye selama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *