Wednesday, 14 November 2018
Home / Gaya Hidup / Ternyata, Ini Hikmah Dilarang Berpuasa Wanita Saat Haid

Ternyata, Ini Hikmah Dilarang Berpuasa Wanita Saat Haid

source : internet
source : internet

Puasa di Bulan Suci Ramadan  merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim yang baligh dan berakal. Namun, ada ketentuan khusus bagi wanita yang sedang menstruasi atau haid, yang justru diharamkan berpuasa, melainkan menggantinya di waktu yang lain. Nah, tau gak sih guys, apa makna dibalik aturan tersebut?

Syariah Islam yang mengharamkan  menstruasi atau haid untuk melaksanakan ibadah puasa, bukan hanya sekedar aturan loh. Ternyata ada himah dibalik larangan tersebut.  Mau tau? Berikut penjelasannya.

Ketika seorang wanita haid, maka ia akan kehilangan banyak darah, termasuk sel darah putih, yang menyebabkan imunitasnya berkurang, belum lagi hormon dalam tubuhnya yang mengalami perubahan, sehingga dianjurkan untuk menjaga asupan gizi agar menjaga kesehatan.Kehilangan Banyak Darah membuat wanita haid gampang lelah, memiliki kadar emosi yang naik turun, serta rentan terkena anemia.

Oleh sebab itu, para medis menganjurkan agar ketika dalam keadaan haid, wanita banyak beristirahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Agar darah dan logam (magnesium, zat besi) dalam tubuh yang berharga tidak terbuang percuma. Bisa terbayang jika Islam tetap mewajibkan wanita haid berpuasa? Maka, meskipun kita sanggup berpuasa, janganlah melakukannya! Minumlah dan makanlah banyak asupan gizi  di siang hari, agar tubuh tetap sehat dan prima.

Check Also

Destinasi Wisata Kebun Teh di Penjuru Dunia

Jakarta, Findonews.com – Budaya minum teh lekat hubungannya dengan negara Inggris. Padahal Inggris bukan satu-satunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *