Monday, 20 November 2017
Home / Berita Utama / Tahukah Kamu, Kalau Bermain Tetris Dapat Mengurangi Trauma Pada Kecelakaan

Tahukah Kamu, Kalau Bermain Tetris Dapat Mengurangi Trauma Pada Kecelakaan

Foto : Inet

 

Findonews, Jakarta – Banyak orang beranggapan bermain game hanya membuang waktu saja, namun anggapan itu tidakla benar. Permainan Tetris sendiri ini justru dapat membantu korban Kecelakaan untuk menghilangkan Traumanya pada insiden tersebut. Sebuah studi dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkap korban kecelakaan kendaraan bermotor yang selamat, memiliki kenangan tidak menyenangkan dan berulang sehingga mengalami gejala Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).

“Ini akan menjadi perbedaan besar bagi banyak orang, apabila kita melakukan intervensi perilaku psikologis menggunakan game komputer untuk mencegah PTSD dan mendamaikan kenangan traumatis,” terang Emily Holmes, profesor psikologi Karolinska Institutet Department of Clinical Neuroscience, dikutip dari Time, Selasa (11/4/2017).

Penelitian tersebut juga telah dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry dan melibatkan kajian terhadap 71 korban kecelakaan kendaraan bermotor. Separuh dari korban tersebut mengingat trauma lalu bermain tetris saat menunggu di ruang gawat darurat RS. Sementara separuhnya lagi menjalankan aktivitas yang berbeda enam jam pasca kecelakaan.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pasien yang bermain permainan tetris memiliki trauma yang cepat hilang, dibandingkan dengan pasien yang tidak bermain tetris. Penelitian tersebut membuktikan bahwa Tetris adalah permainan visual yang intensif, dapat mencegah aspek traumatis dalam suatu kenangan terkonsolidasi di dalam pikiran seseorang.

 

 

Sumber : STOCKHOLM

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *