Thursday, 14 December 2017
Home / Berita Utama / Sosial Media Jadi Penyebab Kurang Tidur

Sosial Media Jadi Penyebab Kurang Tidur

 

Sosial Media Jadi Penyebab Kurang Tidur

 

Findo – Bukan suatu rahasia lagi jika kita menghabiskan malam dengan sosial media yang dapat mengganggu waktu istirahat kita. Tapi apakah kalian pernah berpikir bahwa menggunakan facebook pada siang hari dapat mengganggu kualitas tidur kita ?

Sebuah studi baru yang diterbitkan pada musim semi ini, menunjukkan bahwa menjelajahi sosial media kita beberapa kali dapat menjadi salah satu gejala kurang tidur. Para peneliti dari University of California, Irvinem menganalisis kegiatan dari 76 orang dan menemukan bahwa orang yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup pada malam hari adalah mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak pada siang hari dengan menjelajahi jejaring sosial.

Selama satu minggu, seorang profesor Informatika Gloria Mark,PhD dan timnya mengumpulkan data komputer dan smartphone dari para peserta penelitian dengan menggunakan software khusus. Para peserta juga sudah menyelesaikan survei tidur mereka pada setiap pagi dan malam hari, dan sepanjang minggu, para peneliti melakukan survei pada suasana hati mereka, bagaimana keterlibatan apa yang mereka rasakan dalam tugas dan pekerjaan mereka, dan bagaimana sulitnya mereka menyelesaikan tugas mereka.

Setelah para peneliti memperhitungkan jenis kelamin, usia, beban kerja dan deadline tugas-tugas mereka, dan para peneliti menmukan bahwa adanya hubungan langsung antara kurangnya waktu tidur yang kronis , memburuknya suasana hati dan produktivitas mereka dan seringnya melakukan web browsing, termasuk membuka facebook. Mereka juga menemukan bahwa subjek yang merasa kelelahan akan mengalihkan perhatian mereka dari satu layar ke layar lainnya lebih sering daripada para pelajar yang sudah beristirahat dengan baik.

“Ketika Kita mengalami kurang tidur, kita akan lebih rentan terhadap segala macam gangguan,” jelas Mark dalam sebuah siaran pers. “Jika kalian merasa sedang terganggu, apa yang kalian lakukan? kalian akan melihat Facebook atau media sosial lannya, bukan ? Ini adalah hal yang mudah dilakukan ketika kalian merasa lelah.” Catatan penemuan lainnya yang perlu diperhatikan ialaham para pelajar yang waktu tidurnya terampas mengatakan bahwa media soial dapat mebantu mereka untuk tetap berenergi.

Jika kalian mendapati diri kalian sering bolak-balik di dalam beranda Facebook atau instagram, atau Snapchat, pastikan sesegera mungkin untuk kalian menemukan cara lain untuk menjaga energi kalian daripada dengan menghabiskan waktu kalian pada media sosial.

Sumber : National Geographic

Check Also

Kalah Banding Di PT, Dan Korbkankan Partai, Elit PKS Harus Mengundurkan Diri

Findonews.com – Pukulan telak kembali mendera partai dakwah. Tiga hari setelah manuver Fraksi PKS untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *