Sunday, 19 November 2017
Home / Berita Utama / SMRC : Elektabilitas Prabowo Cuma 12 Persen

SMRC : Elektabilitas Prabowo Cuma 12 Persen

foto : inet

Findonews.com – Berbeda dengan lembaga riset Median yang melansir angka keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kisaran 23%, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam survei tentang siapa yang layak memimpin Indonesia jika pilpres digelar kemarin (6/10) menyebutkan bahwa Prabowo hanya menyisakan 12 persen suara.

Sementara petahana Joko Widodo (Jokowi) unggul jauh dari lawan-lawannya, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Jokowi memperoleh total pemilih 38,9 persen. Angka ini kendati mengkhawatirkan mengingat Jokowi telah memimpin 3 tahun, ternyata dekat dengan hasil survey Median yang mencapai 36%.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon enggan terlalu mempersoalkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyebutkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden hanya 12 persen. Menurut Fadli, survei hanya bagian salah satu indikator.

“Ya kan namanya survei, kan bica macem-macem. Kemarin survei angkanya lain ini juga lain. Jadi menurut saya survei tersebut hanya indikator, saya kira tidak perlu diributkan,” ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (6/10).

Ia mencontohkan survei-survei dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu yang menempatkan pasangan selain Anies Baswedan-Sandiaga bukan paling tinggi. Namun kenyataannya, pasangan tersebut justru mendapat suara terbanyak di pilkada. “Pada waktu Pilkada DKI yang diunggulkan siapa menang siapa,” ujar Fadli.

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *