Saturday, 18 August 2018
Home / Berita Utama / Setelah Putusan MK : Hak Angket Adalah Hak Pengawasan Tertinggi

Setelah Putusan MK : Hak Angket Adalah Hak Pengawasan Tertinggi

Foto : Internet

Findonews.com – Hari ini Mahkamah Konstitusi secara resmi mengeluarkan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 40/PUU/XV/2017. Isi Putusan itu adalah menolak permohonan Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi yang diajukan sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap hak angket KPK. Dengan putusan hari ini, Mahkamah Konstitusi sekaligus menegaskan bahwa hak angket KPK yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) adalah sah.

Keputusan itu menegaskan sesuatu yang wajar dan normal dalam tradisi presidensialisme. Yang menyatakan bahwa lembaga pengawas tertinggi di negara kita adalah DPR. Dan karena ia adalah lembaga pengawas tertinggi, maka ia memiliki seluruh hak dan kewenangan dalam pengawasan.

DPR berhak menggunakan hak-hak pengawasan tersebut kepada seluruh lembaga negara -apapun jenis lembaga negara tersebut- sepanjang lembaga tersebut menjalankan kewenangan, uang dan fasilitas yang diberikan oleh negara. Jadi, ini adalah penegasan dari keyakinan konstitusional yang selama ini kita anut.

Oleh sebab itu, sebaiknya keputusan ini menegakkan sikap semua lembaga negara agar mau diawasi oleh DPR. Tanpa terkecuali.

Dan penggunaan Hak Angket adalah penggunaan hak pengawasan tertinggi, yang harus dihormati sampai kapanpun, selama kita menganut sistem demokrasi presidensialisme. Hak Angket adalah hak untuk menggunakan kewenangan penyelidikan dan penyidikan yang tertinggi yang dimiliki oleh negara. Dalam perspektif hukum tata negara, maka tidak ada satupun lembaga yang bebas dari kontrol dan pengawasan DPR.

Termasuk juga di dalam lembaga peradilan. Manakala proses peradilan selesai dan didalam keputusannya mengandung kejanggalan yang meresahkan secara kasat mata, dapat dianggap dan diduga terjadi penyimpangan baik terhadap hukum maupun UU, maka DPR dapat saja menggunakan kewenangannya untuk menemukan seberapa jauh penyimpangan itu ada.

Check Also

Ada Untung dan Rugi Imbas Krisis Turki

Jakarta, Findonews.com – Jatuhnya ekonomi Turki beberapa hari belakangan memberikan imbas bagi pasar global, meski pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *