Wednesday, 19 December 2018
Home / Berita Utama / Seorang Staf PBB Diculik dan Dibunuh di Irak

Seorang Staf PBB Diculik dan Dibunuh di Irak

 

Seorang Staf PBB Diculik dan Dibunuh di Irak

 

Findo – Salah satu staf PBB diculik di Provinsi Diyala, Irak, pada April 2015, dan ditemukan tewas beberapa bulan kemudian, seperti yang diungkapkan PBB pada Selasa (16/2).

Diberitakan Reuters, jenazah staf PBB untuk misi di Diyala, Amer al-Kaissy, ditemukan November lalu di kota Baquba dengan luka tembak. Dia diduga tewas akibat dieksekusi penculiknya.

Dia telah dimakamkan bulan lalu, namun identitasnya baru diketahui awal pekan ini setelah seorang kawannya mengenalinya melalui foto.

Pelaku diduga adalah militan Syiah yang beroperasi di Diyala yang terletak diantara Baghdad dan Iran.

Militan ini juga yang membunuh 40 orang Muslim Sunni di wilayah itu bulan lalu, disinyalir sebagai pembalasan atas dua pengeboman yang diklaim dilakukan ISIS.

Kelompok bersenjata Syiah ini dianggap sebagai salah satu musuh terkuat ISIS di Irak, namun beberapa faksinya dituduh telah melakukan berbagai pelanggaran HAM.

Perwakilan khusus PBB untuk Irak, Jan Kubis, mengaku kecewa dengan pemerintah Irak yang mengabaikan permintaan untuk menyelamatkan Kaissy.

Ini adalah kali pertama dalam lima tahun staf PBB tewas dalam tugas. Sebelumnya tahun 2010, seorang staf PBB tewas ketika bom mobil meledak dekat rumahnya di Irak.

Tahun 2003, sebuah bom truk meledak di bekas markas PBB di Baghdad menyusul invasi AS ke Irak, menewaskan 22 orang, termasuk salah satunya adalah utusan PBB untuk Irak, Sergio Vieira de Mello, seorang warga Brasil.

 

Sumber : CNN

Check Also

Jose Mourinho Resmi Dipecat Manchester United

Jakarta, findonews.com – Manchester United, salah satu klub raksasa liga primer inggris resmi mengakhiri kerjasama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *