Friday, 19 October 2018
Home / Berita Utama / Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Investasi

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Investasi

Image: Looker_Studio
Image: Looker_Studio

 

Findonews – Banyak yang belum tahu bahwa investasi ternyata berbeda dengan tabungan, dan bahwa investasi biasanya membutuhkan waktu lebih dari belasan tahun sebelum nilainya sesuai. Baca artikel berikut sebelum mulai berinvestasi.

 

Investasi adalah Kegiatan Jangka Panjang

Investasi bukanlah pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan uangnya untuk waktu darurat. Kegiatan ini membutuhkan jangka waktu setidaknya 10 hingga 20 tahun agar nilainya menjadi lebih besar. Mulailah berinvestasi jika Anda merasa uang tersebut tidak akan Anda pakai setidaknya untuk waktu yang cukup lama.

 

Investasi Berbeda Dengan Tabungan

Investasi jelas berbeda dengan tabungan yang nilai uangnya bisa Anda ambil dan gunakan kapan saja. Investasi merupakan bentuk simpanan, yang sifatnya untuk jangka panjang. Banyak yang salah mengartikan investasi dengan menabung jumlah uang yang cukup besar di tabungan. Bentuk investasi yang tepat adalah semisal tanah atau saham.

 

Investasi dan Emergency Fund

Banyak yang berpikiran bahwa investasi lebih penting dari emergency fund. Padahal,emergency fund jelas lebih penting dibanding investasi. Ingat, investasi merupakan simpanan yang sifatnya untuk jangka panjang dan nilainya tak bisa Anda gunakan kapan saja. Pastikan Anda memiliki emergency fund dalam jumlah yang cukup besar untuk setelah itu memulai investasi.

 

Investasi dan Retirement

Simpanan untuk pensiun memang bisa berupa banyak hal, walau kebanyakan lebih memilih untuk menyimpannya dalam bentuk uang karena alasan praktis. Jika Anda memilih untuk berinvestasi demi uang pensiun, tentu saja hal tersebut tidak salah. Gunakan investasi yang tepat yang nilainya tidak akan turun walau dimakan waktu, semisal tanah.

 

Mulai Sedini Mungkin

Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah kapan sebaiknya Anda memulai investasi. Jawabannya, Anda bisa memulainya kapan saja, ketika Anda merasa jumlah uang yang ingin Anda investasikan sudah sesuai, dan tabungan Anda ada dalam jumlah yang cukup besar. Namun jika Anda memang penasaran, investasi sebaiknya dimulai ketika Anda masih muda, yaitu ketika umur 25-28 tahun. Ingat, kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih cepat memulainya maka akan lebih baik.

 

Jumlah Uang yang Harus Diinvestasikan

Jawabannya, beragam. Tentu saja jumlahnya bergantung pada pendapatan dan pengeluaran Anda tiap bulannya. Persentase yang tepat adalah sekitar 10 hingga 20 persen dari jumlah pendapatan Anda tiap bulannya. Ada baiknya Anda tidak menggunakan lebih dari 20 persen dari jumlah pendapatan Anda tiap bulannya. Alokasikan uang tersebut untuk retirement, emergency fund atau tabungan Anda lainnya.

 

Siapkan Tujuan yang Tepat

Karena investasi tidak bersifat uang, maka ada baiknya Anda tetapkan terlebih dahulu apa bentuk investasi yang Anda inginkan. Semisal Anda ingin menginvestasikannya dalam bentuk tanah atau saham.

 

Jumlah Pendapatan Belum Cukup

Jumlah uang yang Anda miliki belum cukup untuk memulai investasi? Tak perlu kuatir. Ingat, investasi merupakan bentuk simpanan opsional. Jika Anda ingin memulainya, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki tabungan serta emergency fund yang cukup. Jika tidak, alokasikan saja dulu uang Anda untuk tabungan yang nilainya lebih penting karena bisa digunakan kapan pun Anda membutuhkannya untuk waktu darurat. Selamat berinvestasi!

 

(sumber : cosmopolitan)

Check Also

Anies ke Djarot soal Kelamaan Jomblo: Berkaca Dulu

Jakarta, Findonews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons Djarot Saiful Hidayat terkait posisi kosong Wakil Gubernur DKI usai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *