Home / Berita Utama / Saksi Ahli Fahri Hamzah Berikutnya: Prof Laica, Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi

Saksi Ahli Fahri Hamzah Berikutnya: Prof Laica, Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi

 

Foto : Prof. Dr. H.M Laica Marzuki, S.H / Inet
Foto : Prof. Dr. H.M Laica Marzuki, S.H / Inet

 

Findonews, Jakarta – Senin 19 September 2016 persidangan Fahri Hamzah kembali digelar dengan agenda menghadirkan saksi ahli dari pihak penggugat. Fahri Hamzah dalam persidangan tersebut akan menghadirkan Prof. Dr. H.M Laica Marzuki, S.H

Prof. Laica pernah menjabat sebagai Hakim Agung pada tahun 2000-2003. Setelahnya ia menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi pada tahun 2003-2008. Prof. Laica dikenal sebagai ahli Adminstrasi dan Hukum Tata Negara. Ia termasuk ahli hukum yang sangat senior di Indonesia dalam bidang administrasi negara.

Di antara hal-hal yang akan dijelaskan oleh Prof Laica adalah tentang bagaimana sistem adminstrasi negara oleh sebuah badan hukum publik dalam membuat sebuah keputusan publik. Dalam persidangan sebelumnya Fahri Hamzah menghadirkan saksi ahli DR. Margarito Kamis membuktikan bahwa keputusan permintaan mundur kepada dirinya merupakan keputusan pribadi yang tidak memenuhi standar adminstrasi untuk membuat keputusan yang berimbas pada sebuah posisi jabatan publik.

Selain itu Prof Laica juga akan memberikan keterangan sesuai keahliannya sebagai ahli administrasi negara tentang legalitas Mahkamah Parpol PKS yang bernama Majlis Tahkim. Diketahui sebelumnya bahwa Majlis Tahkim membuat keputusan pemecatan Fahri Hamzah sebelum memiliki legalitas dari Kemenkumham. Sidang nanti juga akan mengelaborasi apakah pertemuan pribadi, apalagi tanpa dokumen tertulis, dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat keputusan.

Fahri Hamzah berharap kehadiran Prof Laica dapat memberikan keterangan bagi semua pihak tentang bagaimana sebenarnya adminstrasi yang harus dipenuhi oleh badan publik dalam membuat keputusan. “Saya kira publik tahu bagaimana integritas keilmuan Prof Laica di bidang Adminstrasi Negara,” ucap Fahri.

Selain menjadi Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin Makassar dan Anggota Dewan Pakar Tim Pengelola Studi dan Pengkajian Masalah HAM, Prof Laica tercatat juga pernah menjadi saksi ahli kubu Aburizal Bakrie untuk sengketa partai Golkar pada tahun 2015 lalu, serta menjadi saksi ahli dalam sengketa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) baru-baru ini.

Check Also

Ketua MPR RI Pandu Sumpah Jabatan PAW Tiga Anggota MPR

Findonews, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memandu pengambilan sumpah penggantian antar waktu (PAW) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *