Monday, 15 October 2018
Home / Berita Utama / Rupiah Tembus Rp 15.000 per Dolar Amerika, Reshuffle Kabinet Perlu Dilakukan

Rupiah Tembus Rp 15.000 per Dolar Amerika, Reshuffle Kabinet Perlu Dilakukan

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Rupiah kembali melemah, Selasa sore rupiah tembus Rp 15.000 per dolar Amerika.

Emrus Sihombing, pengajar komunikasi politik beranggapan pemerintah mesti lebih hati-hati dalam memutuskan formula ekonomi dalam mengatasi ketidakstabilan dolar Amerika. Emrus juga menilai tim ekonomi Kabinet Jokowi-JK belum punya solusi yang menyeluruh untuk mengatasi faktor-faktor yang membuat rupiah terus melemah yang mana kondisi tersebut menggerus cadangan devisa RI.

“Terlebih, The Fed bakal terus menaikkan suku bunga dalam beberapa waktu ke depan. Ini memang diakui sebagai faktor eksternal namun tim ekonomi harus sudah bersiap dan meramu formula terbaik untuk rakyat Indonesia,” ujarnya, Selasa (2/10).

Menurutnya pemerintahan Jokowi-JK harusnya tidak ragu dalam mengevaluasi kinerja tim ekonomi jika memang hasil dari evaluasi tersebut dapat memberikan rasa aman dan stabilitas bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Siapapun ekonom atau pakar ekonomi yang mampu menyelesaikan persoalan ekonomi bangsa ini dan memberikan formula yang lebih baik, maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menutup mata sekalipun opsi itu ialah presiden melakukan reshuffle kabinet,” tegasnya.

Formula ekonomi tersebut diharapkan dapat memperkuat rupiah, menahan laju fluktuasi dolar Amerika dan mempertahankan cadangan devisa serta memperbaiki fundamental ekonomi nasional.

Check Also

Trump Sebut Putin Mungkin Terlibat Pembunuhan

Jakarta, Findonews.com – Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, mungkin terlibat dalam sejumlah kasus pembunuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *