Monday, 20 November 2017
Home / Berita Utama / Ragam Cara Startup Mendapat Pendanaan

Ragam Cara Startup Mendapat Pendanaan

Foto : Internet
Foto : Internet

 

Findonews – Semua perusahaan Startup terlepas ingin mendapatkan keuntungan yang kontinyu dalam bentuk income bagi perusahaannya, juga sangat ingin mendapatkan uang dan pendanaan untuk bertumbuh melalui investor di luar perusahaan.

Salah kaprah yang terjadi adalah menjadikan uang dari investor sebagai ‘short cut’ mendapatkan keuntungan untuk ‘exit’ tanpa berpikir bagaimana menjadikan startup sebagai sebuah entitas yang membawa keungtungan bagi para pendirinya.

Diakuisisi perusahaan lain atau meraih initial public offering (IPO) misalnya, merupakan hal yang didambakan oleh setiap startup. Namun untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Banyak sekali faktor yang menghambat sebuah startup dalam meraih kesuksesan, salah satunya adalah faktor biaya.

Sejatinya, ada berbagai cara sebuah startup mendapatkan pendanaan. Mulai dari dana pribadi dan kerabat sampai dana pinjaman dari bank. Dari semua opsi yang ada, ada suatu entitas yang berfokus pada pendaaan startup. Badan ini dikenal dengan nama modal ventura atau venture capital (VC).

Dalam menjalankan bisnisnya, setiap VC akan melalui berbagai macam tahap yang harus dilalui, mulai dari menghimpun dana dari berbagai pihak, mencari startup potensial untuk didanai, sampai akhirnya mendapatkan keuntungan saat startup tersebut sukses diakuisisi atau meraih IPO.

Startup sendiri juga memastikan dari awal, pendanaan pada tahap apa yang mereka inginkan. Apakah di fase ‘Seeding’ yakni saat startup masih dalam bentuk ‘janin’ atau di fase ‘Angel’ yaitu ketika startup masuk fase prototyping. Jika sebuah startup telah memasuki fase beroperasi, para founders startup dengan rencana matang juga harus memutuskan apakah mengharapkan pendanaan pada fase “Seria A” yakni saat solusi aplikasi telah beroperasi pada tahap ‘Beta’ atau pada “Serie B” yakni saat startup telah mendatangkan uang dan hasil.

Startup masih memungkinkan untuk pendanaan pada fase-fase berikut, Serie C dan seterusnya, hingga startup tersebut diakusisi atau “Go Public” (sahamnya diperdagangkan di bursa saham, atau masuk fase IPO/ Initial Public Offering)

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *