Saturday, 15 December 2018
Home / Berita Utama / Petani Resah Harga Gabah Bakal Anjlok

Petani Resah Harga Gabah Bakal Anjlok

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Petani Kecewa.

Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Wi­narno Tohir resah dengan kebi­jakan penambahan impor beras. Sebab, bisa dipastikan keputusan itu merugikan petani. Apalagi pada saat realisasi beras impor tahap Idan II, harga gabah menurun.

“Kami khawatir kalau ada tambahan beras impor 1 juta ton lagi, harga Gabah Kering Panen (GPK) akan jatuh,” ungkap Winarno.

Padahal, lanjut Winarno, saat ini petani sedang menikmati harga gabah kering panen yang lumayan yakni Rp 4.500-Rp 5.000 per kilogram (Kg).

Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Sutarto Alimoeso juga memiliki kekha­watiran yang sama. Menurutnya, banyaknya beras impor akan memberikan dampak psikologis ke petani.

“Harga beras di dalam negeri mungkin turun tapi harga gabah masih tinggi. Kalau harga gabah turun, petani juga tidak mau menanam padi,” ujar Sutarto.

Seharusnya, sebelum memutuskan impor beras, pemerintah terlebih da­hulu melihat perkembangan stok dan produksi beras dalam satu hingga dua bulan terakhir, lanjut Sutarto.

“Apakah stok beras Bulog cukup? Harga bergerak naik atau tidak? Apakah produksi beras mencukupi. Kalau semuanya terkendali, untuk apa impor lagi,” tegasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak Januari hingga Juli 2018, realisasi impor beras Bulog sudah mencapai 1,18 juta ton dengan nilai 552,87 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) yang kerap dijadikan acuan Ba­dan Ketahanan Pangan (BKP), stok akhir beras di PIBC per 19 Agustus 2018 sebesar 40.343 ton. Seperti yang sudah-sudah polemik impor beras diikuti dengan tuntutan pembenahan data produksi pangan.

Baru-baru ini, Anggota Komisi IV DPR Ono Surono mendesak pemerintah membenahi data produksi agar pengambilan ke­bijakan bisa dilakukan dengan tepat.(zaa)

Check Also

Fahri Hamzah : Jokowi Harus Hati-Hati Terkait Pengakuan La Nyalla

Foto : findonews.com Jakarta, findonews.com – Pengakuan eks politikus Partai Gerindra yang kini bergabung di Partai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *