Wednesday, 14 November 2018
Home / Berita Utama / Pemda Dikritik APBD Lebih Untuk Operasional, Pengangguran di Desa Naik

Pemda Dikritik APBD Lebih Untuk Operasional, Pengangguran di Desa Naik

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di pedesaan mengalami kenaikan, menutur catatan Badan Pusat Statistik (BPS). Didik J. Rachbini, Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menilai jika kenaikan yang terjadi dikarenakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) lebih banyak diarahkan untuk urusan operasional yang salah satunya gaji aparatur Pemerintah Daerah (Pemda).

“Teman-teman gubernur, bupati, sudah saya kritik 80-90% dananya untuk dana rutin. Gaji mereka, transportasi kunjungan ke luar, operasional gedung-gedung mereka. Bukan dipakai untuk produktif,” kata Didik di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (6/11).

Didik juga menilai naiknya tingkat pengangguran di pedesaan menunjukkan bahwa penyerahan kewenangan anggaran dari pemerintah pusat kepada Pemda belum mampu meningkatkan kemajuan daerah.

BPS mencatat TPT pedesaan sebesar 4,04% per Agustus tahun ini, lebih tinggi dibandingkan Februari tahun ini 3,72%, maupun Agustus tahun lalu 4,01%. Suhariyanto, Kepala BPS menjelaskan jika kenaikan tersebut disebabkan adanya pengurangan tenaga kerja di sektor pertanian, jumlah petani karet tercatat berkurang 1,3 juta orang.

Selain alokasi APBD, Didik juga mengkritik penggunaan dana desa yang lebih terfokus untuk pembangunan infrastruktur. Menurutnya hal tersebut tidak cukup untuk membangun ekonomi desa. Ia juga mengingatkan agar dana desa tak hanya terfokus untuk sektor pertanian.

Ya di desa kan bukan hanya petani saja, memang salah satu penyebab (pengangguran naik) pertanian,” tegas Didik.

Check Also

Lagi, Stefan Bradl Akan Gantikan Crutchlow Di GP Valencia

Findonews.com – Stefan Bradl dipastikan akan kembali menggantikan peran Cal Crutchlow pada seri pamungkas MotoGP. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *