Home / Ekonomi / Nilai Perdagangan Cina Turun Lagi

Nilai Perdagangan Cina Turun Lagi

21YuanImpor Cina selama bulan Agustus turun 13,3% dalam mata uang yuan, sedangkan ekspor turun 6,1% dibanding periode yang sama tahun 2014.

Penurunan nilai impor ini mencerminkan penurunan harga komoditas di pasar global, khususnya minyak mentah.

Data mengenai penurunan ekspor dan impor yang dikeluarkan pemerintah Cina hari Selasa (08/09) memang sudah diperkirakan sebelumnya seiring dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi negara itu.

Namun demikian, kata sejumlah analis, penurunan impor lebih rendah dibanding asumsi sebelumnya.

“Para investor Cina sekarang mengharapkan data ekonomi yang lemah mulai dari perdagangan luar negeri, indeks pembelian manajer hingga output industri,” kata Xiao Shijun, seorang analis di Guodo Securities di Beijing.

Selain penurunan ekspor dan impor, Cina juga mencatat penurunan cadangan devisa setelah pemerintah berusaha menopang mata uang yuan yang mengalami penurunan nilai belakangan.

Kekhawatiran akan pelemahan ekonomi Cina memicu gejolak saham dunia selama beberapa pekan terakhir, dimulai dengan kejatuhan saham yang dikenal dengan Black Monday.

Check Also

RESMI, TARIF OJEK ONLINE DITETAPKAN RP 1.850 – RP 2.600 PER KM

Foto : Internet Jakarta, findonews.com – Tarif untuk ojek online telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Penetapan batas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *