Tuesday, 25 September 2018
Home / Berita Utama / Menu Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan

Menu Sarapan yang Bantu Turunkan Berat Badan

Jakarta, Findonews.com – Mengonsumsi makanan yang salah di pagi hari bisa membuat program diet Anda gagal. Pemilihan menu sarapan yang tepat jadi salah satu jawaban bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Beberapa makanan diketahui mampu membuat Anda merasa kenyang hingga siang hari dan punya kekuatan untuk ‘mengekang’ rasa lapar. Makanan-makanan ini bisa meminimalisir aktivitas ngemil yang biasa disalahkan saat badan mulai menggemuk.

Melansir Healthline, berikut beberapa menu sarapan yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda.

1. Telur

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur mampu mengurangi nafsu makan hingga siang hari ketika disantap saat sarapan.

Sebuah penelitian terhadap 30 wanita yang mengalami kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi telur di pagi hari secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan menjelang siang.

Studi lain juga menyebutkan bahwa dengan sarapan telur, penurunan berat badan 65 persen lebih besar selama periode delapan pekan.

2. Pisang

Tinggi serat tetapi rendah kalori membuat pisang menjadi alternatif terbaik untuk sarapan.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut Anda, yang ujung-ujungnya membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dari buah dan sayuran harian mampu membantu penurunan berat badan.

3. Yogurt

Yogurt mengandung banyak protein. Hal itu membuatnya menjadi menu sarapan ideal untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi yogurt berprotein tinggi mampu menurunkan tingkat rasa lapar.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap 8.516 orang juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi tujuh porsi yogurt setiap pekan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengonsumsi yogurt.

4. Teh Hijau

Kandungan teh hijau jarang absen dari segala produk diet atau suplemen pembakar lemak. Pasalnya, ekstrak teh hijau disebut mampu mempercepat proses metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori selama 24 jam.

Sebuah penelitian kecil mencoba mengambil tiga kapsul ekstrak teh hijau untuk dikonsumsi oleh 20 peserta studi. Hasilnya, konsumsi pil ekstrak teh hijau itu mampu meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen hanya dalam 30 menit.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan yang umum dipilih banyak orang. Selain sehat dan lezat, oatmeal juga rendah kalori tapi tinggi serat dan protein.

Gandum memang merupakan sumber beta glukan terbaik yang terbukti memberikan dampak pada segala hal, mulai dari memperkuat fungsi kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung.

Selain itu, beta glukan juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah untuk mencegah peningkatan nafsu makan Anda.

Check Also

29 September 00.00 WIB, Integrasi Tarif Tol JORR Mulai Berlaku

Jakarta, Findonews.com – Integrasi transaksi tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau Multi Lane …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *