Home / Berita Utama / MANTAN PRESIDEN PERU TEMBAK DIRI SENDIRI SEBELUM DITANGKAP KARENA TERJERAT KASUS SUAP

MANTAN PRESIDEN PERU TEMBAK DIRI SENDIRI SEBELUM DITANGKAP KARENA TERJERAT KASUS SUAP

Foto : Internet

Jakarta, findonews.com – Alan Garcia, Mantan Presiden Peru menembak dirinya sendiri sebelum ditangkap oleh pihak kepolisian di rumahnya di ibukota Peru, Lima pada Rabu (17/4).

Ia ditangkap sehubungan dengan penyelidikan suap. Pengacaranya, Erasmo Reyna mengkonfirmasi penembakan itu ke saluran televisi lokal, seperti yang dilansir dari Reuters.

Penembakan itu mengakibatkan Garcia menjalani operasi darurat untuk luka tembak di kepalanya di Rumah Sakit Darurat Casimiro Ulloa di Lima.

Menteri Kesehatan Peru Zulema Tomas mengatakan, Garcia dalam kondisi sangat serius dan kritis akibat penembakan itu.

“Kami harus menyadarkan dia tiga kali. Dia sudah tiga kali ditahan jantung,” kata Tomas. “Dia dalam kondisi sulit dan prognosisnya dicadangkan,” tambahnya sambil menambahkan bahwa peluru langsung menembus kepala Garcia.

Garcia diketahui merupakan pemimpin partai Apra Peru selama beberapa dekade. Dia memerintah Peru sebagai nasionalis dari tahun 1985 hingga 1990 sebelum membentuk kembali dirinya sebagai pendukung pasar bebas dan memenangkan masa jabatan lima tahun baru pada tahun 2006.

Garcia sedang diselidiki sehubungan dengan perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht, yang memicu skandal korupsi terbesar di Amerika Latin ketika mengakui secara terbuka pada tahun 2016 bahwa dia memenangkan kontrak yang menguntungkan di kawasan itu dengan suap.

Pada bulan November tahun lalu, dia mencari perlindungan di Kedutaan Uruguay dan mengajukan suaka. Tetapi dia pergi bulan berikutnya setelah pengajuan suakanya ditolak.

Check Also

PEMUDIK JALUR LAUT MELONJAK DI SUMSEL IMBAS TIKET PESAWAT YANG MAHAL

Jakarta, findonews.com – Kenaikan harga tiket pesawat diprediksi akan menjadi salah satu penyebab melonjaknya pemudik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *