Wednesday, 27 March 2019
Home / Berita Utama / LOMPATAN GLOBAL RUMAH ZAKAT MELALUI GELOMBANG WAKAF

LOMPATAN GLOBAL RUMAH ZAKAT MELALUI GELOMBANG WAKAF

Foto : findonews.com

Bandung, findonews.com – Kedepan, pembangunan dan operasional rumah sakit, klinik, sekolah, 5.323 desa berdaya, 200 hektar lahan produktif, serta 50.000 UMKM di seluruh Indonesia akan dilaksanakan Rumah Zakat dalam payung yang disebut “Gelombang Wakaf”. Langkah strategis ini bermakna dua hal bagi Rumah Zakat, “Kami akan ambil peranan membantu kampanye wakaf yang dirasa masih sangat kurang di Indonesia, yang kedua program ini adalah penanda Rumah Zakat sebagai lembaga ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf – red) terintegrasi dan berskala global,” urai CEO Nur Effendi.

Menurut BWI (Badan Wakaf Indonesia) potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 Triliun, sedangkan wakaf uang yang baru dimanfaatkan baru mencapai Rp 400 Milyar saja. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya edukasi wakaf kepada masyarakat. “Di Indonesia wakaf hanya dikenal dalam bentuk harta tidak bergerak saja berupa wakaf tanah dan bangunan. Padahal wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil, dan barang lainnya. Selain bisa digunakan untuk kepentingan sosial, wakaf yang dikelola dengan baik oleh lembaga wakaf atau nazhir, bisa jadi produktif,” tambah Irvan Nugraha, CMO Rumah Zakat.

“Rumah Zakat akan mengedukasi masyarakat melalui seminar di seluruh Indonesia dan aktivasi melalui media sosial. Selain itu juga membentuk komunitas wakaf yang bertujuan untuk melibatkan generasi milenial yang jumlahnya kurang lebih 40% dari total penduduk Indonesia secara langsung dalam proses pelaksanaan wakaf,” tambah Nur Efendi.

Per hari ini, Rumah Zakat telah beroperasi selama 20 tahun dengan memberdayakan 30 juta penerima layanan manfaat, 18 Sekolah, 8 Klinik, dan 1295 Desa Berdaya. Gelombang Wakaf ini akan menjadi salah satu langkah awal untuk pengoptimalan potensi ZISWAF secara keseluruhan.

Check Also

Gil de Ferran Soal Debut F1 Norris : Ia Rookie yang membalap seperti Veteran

Foto : Internet Debut balapan Formula 1 Lando Norris mendapat pujian dari  Direktur olahraga McLaren, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *