Tuesday, 26 September 2017
Home / Berita Utama / Kutuk Pembantaian, Aksi 25 November Ditujukan ke Kedubes Myanmar

Kutuk Pembantaian, Aksi 25 November Ditujukan ke Kedubes Myanmar

Foto : Inet
Foto : Inet

 

Findonews, Jakarta – Perlakuan tentara Myanmar terhadap warga etnis minoritas Rohingya dikutuk keras oleh lembaga-lembaga zakat dan kemanusiaan. Mereka pun akan mendatangi Kedutaan Myanmar di Indonesia.

“Kita akan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Myanmar pada 25 November mendatang”, ujar Sekretaris Jenderal Forum Zakat, Muhammad Sabeth Abilawa seusai rapat darurat Rohingya di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Sabeth menambahkan, lembaga-lembaga internasional seperti PBB dan ASEAN harus menekan pemerintah Myanmar untuk melindungi hak-hak dasar etnis Rohingya. “Saat ini bentrokan yang terjadi antara tentara dan rakyat sipil”, tukasnya.

Ia menambahkan, lembaga-lembaga kemanusiaan Indonesia juga akan membuka posko bersama di Sitwe, Myanmar. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan penyaluran bantuan kemanusiaan di Rakhine yang dihuni oleh mayoritas etnis Rohingya.

Diberitakan sejumlah laman, para aktivis pendukung Rohingya di Myanmar mengatakan, Rabu (16/11), lebih dari 100 anggota komunitas etnis Muslim itu tewas dalam aksi kontra pemberontakan yang digelar pemerintah baru-baru ini di negara bagian Rakhine.

Ko Ko Linn dari Organisasi Nasional Arakan Rohingya mengatakan, menurut sejumlah penduduk desa, sedikitnya 150 orang dibunuh pasukan keamanan sejak Sabtu. Verifikasi independen atas klaim yang dikeluarkan pemerintah atau aktivis sulit dilakukan karena pemerintah membatasi akses masuk ke kawasan tersebut.

Check Also

Paripurna Setuju Kerja Pansus KPK Diperpanjang

Jakarta – Sejumlah fraksi melancarkan aksi walk out (WO) dalam sidang paripurna terkait hasil temuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *