Wednesday, 19 December 2018
Home / Berita Utama / Kualitas Demokrasi Meningkat Dengan Adanya Pilkada Serentak

Kualitas Demokrasi Meningkat Dengan Adanya Pilkada Serentak

Foto : DPR/azka/hr
Foto : DPR/azka/hr

 

Findonews, Jakarta – Pilkada serentak di 101 wilayah yang tersebar di berbagai Provinsi, Kabupaten dan Kota akan digelar esok, 15 Februari 2017. Momen ini menjadi sejarah baru dalam kehidupan berdemokrasi di Tanah Air.

“Tentu saja, ini adalah ikhtiar kita dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, agar mampu memberi dampak yang lebih baik bagi kehidupan masyarakat. Dan mampu meningkatkan mutu kesejahteraan demi mewujudkan tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan kepada Parlementaria, Selasa (14/02/2017).

Taufik menambahkan, pilkada serentak juga ujian dalam berdemokrasi yang menentukan apakah masyarakat Indonesia lebih matang dan dewasa. Oleh karena itu, tidak ada tujuan yang lebih utama selain demi kepentingan rakyat.

Seluruh pasangan calon juga telah menyampaikan visi dan misi mereka tentang bagaimana membangun kehidupan masyarakat dari berbagai aspek. Baik dari aspek pendidikan, kesehatan, sosial dan budaya, keagamaan hingga lingkungan.

“Janji itulah yang patut untuk direalisasikan saat terpilih. Janji itulah yang akan ditagih saat memangku jabatan,” pesan Politisi F-PAN  itu.

Taufik menilai, pilkada hanyalah proses dalam berdemokrasi agar mereka yang memegang tampuk kepemimpinan adalah benar-benar lahir dari pilihan rakyat. Pilihan rakyat akan memberikan amanah dan tanggung jawab dari rakyat. Lepas dari berbagai kepentingan pribadi maupun golongan. Karena pada saat yang sama, mereka yang terpilih adalah milik bersama.

“Betapapun hari-hari ini kita diliputi oleh berbagai situasi politik yang cenderung menguras energi, namun kita tetap meyakini ini adalah bagian dari dinamika berdemokrasi. Pilihan politik bisa berbeda, namun keutuhan bangsa dan kesatuan hidup di bawah NKRI lebih utama dan harus dijunjung tinggi,” imbuh Taufik.

Politisi asal dapil Jawa Tengah itu berharap, semua lapisan masyarakat menjalani kontestasi demokrasi kali ini dengan aman, nyaman dan damai. Asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber dan jurdil) harus dikedepankan.

“Mari kita serahkan pilihan kita di bilik suara dengan jujur, langsung dan rahasia. Suara kita menentukan masa depan kita. Masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang,” pesan Wakil Ketua Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan itu. (sf), foto : azka/hr.

 

Sumber : DPR RI

Check Also

Jose Mourinho Resmi Dipecat Manchester United

Jakarta, findonews.com – Manchester United, salah satu klub raksasa liga primer inggris resmi mengakhiri kerjasama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *