Sunday, 19 November 2017
Home / Berita Utama / Kronologi Penghadangan Terhadap Fahri Hamzah dan Rombongan di Manado

Kronologi Penghadangan Terhadap Fahri Hamzah dan Rombongan di Manado

 

Kronologi Penghadangan Terhadap Fahri Hamzah dan Rombongan di Manado
Foto: Inet

 

findonews, Manado – Sabtu (13/5), Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah beserta rombongan tiba di Bandara Samratulangi Manado pada pukul 10.30 WITA.

Informasi soal kedatangan Wakil Ketua DPR RI tersebut rupanya sudah didengar oleh masyarakat Manado. Sebagian masyarakat di Sulawesi Utara mengumumkan penolakan terbuka atas kedatangan Fahri Hamzah dan rombongan.

Fahri Hamzah dianggap sebagai bagian dari kelompok intoleran yang menyebarkan kebencian kepada kelompok lain.

Anggapan ini muncul setelah ada rangkaian Aksi Bela Islam dimana Fahri pernah berorasi pada aksi 411 dan juga ikut mengecam penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

Ahok sendiri sudah mendapatkan vonis 2 tahun penjara. Aksi solidaritas muncul dimana-mana.

Di beberapa kota di Sulut sudah muncul aksi solidaritas untuk Ahok. Juga aksi menolak kehadiran FPI karena dianggap intoleran. Kedatangan Fahri dianggap bisa memprovokasi masyarakat untuk bertindak intoleran.

Semalam, seluruh ormas kepemudaan sudah berkumpul di rumah pribadi Gubernur. Mereka mendapatkan penjelasan dari Gubernur tentang siapa Fahri Hamzah dan maksud kedatangannya.

Tapi rupanya aksi tetap dilakukan oleh sekelompok masyarakat. Isu yang beredar, Fahri Hamzah adalah Sekjen FPI dan berbagai isu lain yang muncul. Termasuk isu bahwa Fahri Hamzah pro-koruptor karena mengetuk Hak Angket KPK. Isu ini dihembuskan cukup massif.

Pukul 11.00 WITA situasi diluar Bandara Samratulangi masih kondusif. Gubernur Olly Dodokambey masih orasi ditengah massa. Fahri minta jika memungkinkan untuk orasi. Tapi Wakil Gubernur menyarankan untuk tidak muncul dulu.

11.30 WITA akhirnya diputuskan Wakil Gubernur Steven Kandouw menemani rombongan ke Kantor Gubernur. Masih di lokasi Bandara, Gubernur datang dan koordinasi masih berlanjut.

11.45 WITA diputuskan Gubernur Olly Dodokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw ikut dalam rombongan penjemputan. Total ada 12 mobil mengiringi. Kapolda juga ikut dalam rombongan.

Rombongan melewati jalan kampung di belakang bandara. Nampak dari Polda, Polisi Militer dan Brimob ikut mengawal. Rombongan DPR terbagi dua. Fahri Hamzah dan ajudan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur. Rombongan staf di mobil terpisah.

11.58 WITA rombongan baru melewati Lapas Manado. PJJR yang berada didepan rombongan mencari jalan-jalan alternatif agar tidak berpapasan dengan massa pendemo.

12.05 WITA memasuki Jalan Sudirman dan pada pukul 12.12 WITA Fahri Hamzah sudah sampai di Kantor Gubernur.

12.13 WITA Gubernur dan Wagub menemani Fahri Hamzah di ruangan Gubernur. Bicara santai. Suasana rileks. Kapolda konfirmasi terakhir kembali ke Airport.

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *