Thursday, 21 June 2018
Home / Berita Utama / Korban Jiwa Erupsi Gunung Fuego Bertambah Jadi 62 Orang

Korban Jiwa Erupsi Gunung Fuego Bertambah Jadi 62 Orang

Jakarta, Findonews.com – Jumlah korban jiwa erupsi gunung api Fuego dilaporkan bertambah menjadi 62 orang pada Senin, (4/6) waktu setempat. Aktivitas vulkanik di Guatemala yang berlangsung sejak Minggu (4/6) sudah melukai hampir 300 orang.

Dilansir dari Reuters, Juru Bicara Institut Forensik Nasional Guatemala mengungkapkan baru 13 korban tewas yang telah diidentifikasi sejauh ini.

Erupsi gunung setinggi 3.763 meter ini merupakan yang kedua kalinya dalam tahun ini. Namun, menjadi yang terbesar sepanjang empat dekade terakhir. Gunung api Fuego, yang namanya berarti ‘api’, memuntahkan aliran lava panas sejauh 8 kilometer dan mengeluarkan asap hitam tebal dan abu yang menghujani ibu kota dan kawasan lain.

Badan penanggulangan bencana, atau CONRED, menyatakan jumlah korban tewas meningkat dari perkiraan sebelumnya, yakni tujuh orang. Sementara itu, sekitar 3.100 orang telah dievakuasi.


Sejumlah pejabat mengatakan korban tewas berpusat di tiga kota: El Rodeo, Alotenango dan San Miguel los Lotes.

Operasi penyelamatan ditunda hingga 5.00 waktu setempat atau 18.00 WIB karena kondisi berbahaya dan cuaca basah, kata Cecilio Chacaj, juru bicara departemen pemadam kebakaran.

Kejadian ini memaksa pemerintah memaksa penutupan bandara internasional utama Guatemala. Puluhan video bermunculan di media sosial dan televisi setempat, menunjukkan kehancuran yang terjadi.

Salah satu video yang dipublikasikan Telediario, diduga diambil di desa El Rodeo, menunjukkan tiga jenazah di atas aliran lava, saat petugas berupaya menyelamatkan lelaki lanjut usia yang terselimuti abu dan lumpur.

“Sayangnya El Rodeo sudah terkubur dan kami belum bisa mencapai desa La Libertad karena lava dan mungkin ada orang yang meninggal di sana juga,” kata Cabanas.

Dalam video lain, seorang perempuan yang tampak kelelahan nyaris tertelan lava yang tumpah di atas ladang jagung.

Check Also

Fahri Minta MUI Fatwakan Haram Kunjungan Ke Israel

Jakarta, Findonews.com  – Kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Yahya Cholil Staquf menghadiri konferensi tahunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *