Home / Berita Utama / Komik Gundala akan Dirilis Ulang dengan Cerita Baru

Komik Gundala akan Dirilis Ulang dengan Cerita Baru

Jakarta, Findonews.com – Nama Gundala mendadak ramai diperbincangkan setalah sutradara Joko Anwar mengumumkan akan mengadaptasi kisah pahlawan super asli Indonesia itu menjadi film. Gundala yang juga dikenal sebagai Gundala Putra Petir adalah pahlawan karya Harya Suraminata (Hasmi).

Seperti pahlawan super Marvel, media bercerita Hasmi juga komik.

Karakter yang memiliki kekuatan super cepat itu pertama kali muncul dalam komik bertajuk Gundala Putra Petir pada 1969. Komik bertajuk Surat dari Akherat yang rilis pada 1982 menjadi cerita ke-23 sekaligus seri terakhir dari komik Gundala. Jika ingin mencarinya lagi, penggemar atau kolektor komik harus berjuang mencari di toko buku-buku bekas.

 

Namun sebentar lagi komik Gundala akan kembali mudah didapatkan.

General Manager Comics Diviton Bumilangit Studios Is Yuniarto mengatakan perusahaan yang ia tempati akan merilis kembali komik itu. Bumilangit Studios merupakan perusahaan komik yang bekerja sama dengan Joko dalam menggarap film Gundala, sekaligus pemegang hak ciptanya.

“Kami sudah dapat lisensi komik Gundala, akan ada komik Gundala dengan versi baru,” kata Is kepada Findonews.com melalui sambungan telepon, Rabu (18/4).

 

Is menjelaskan, Bumilangit Studios sudah membuat cerita untuk satu musim Gundala dengan 12 episode. Satu musim itu akan dituangkan dalam dua sampai tiga buku.

Kurang lebih, kata Is, ada enam orang termasuk dirinya yang terlibat membuat komik Gundala. Is berperan sebagai pengawas, sementara lima orang lain adalah penulis, pemberi warna, penata letak, editor, dan line artist (penggambar mentah).

Sampai saat ini proses pengerjaan komik itu sudah mencapai 80 persen. Tim Bumilangit masih menyelesaikan pewarnaan komik secara detail dan merapikan cerita.

 

“Kami belum dapat tanggal pasti untuk rilis, tapi kami ingin rilis sebelum film Gundala rilis,” kata Is, yang berpengalaman membuat komik Garudayana dengan cerita Mahabarata.

Is melanjutkan, “Kami berencana merilis secara digital dulu, kemudian nanti akan rilis bentuk fisik. Sampai saat ini kami masih belum tahu versi digital akan dirilis di situs khusus atau bagaimana, sejauh ini kami merilis komik di Facebook.”

Dalam situs Bimulangit Studios dijelaskan, Gundala awalnya merupakan seorang insinyur bernama Sancaka. Ia berambisi mencari serum anti-petir. Alih-alih menemukan serum, Sancaka malah tersambar petir. Raja Petir Kronz mengangkat Sancaka sebagai anaknya.

 

Ia juga memberikan Sancaka kalung ajaib yang dapat men gubah dirinya menjadi manusia super.Sejak itu, ia pun dikenal sebagai Gundala Putra Petir.

Is memastikan cerita komik Gundala akan berbeda dengan film yang direncanakan tayang pada pertengahan tahun 2019. Meski begitu, komik Gundala akan menjadi pelengkap film. Cerita itu pun tidak akan mengulang komik yang lama. Tim Is telah menyiapkan cerita baru.

Check Also

Skandal 1MDB, KPK Malaysia Punya Bukti Keterlibatan Najib

Jakarta, Findonews.com – Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak diperiksa selama empat jam oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *