Thursday, 14 December 2017
Home / Berita Utama / Kisah Sukses Georgia, Melejit Bebas Korupsi Tanpa Lembaga Seperti KPK

Kisah Sukses Georgia, Melejit Bebas Korupsi Tanpa Lembaga Seperti KPK

Foto : Inet

Findonews.com – Georgia mampu menjadi ranking 44 dunia dengan skor Corruption Perception Index (CPI) 57 sejak pecah dari Sovyet tahun 2003. Georgia melakukannya TANPA lembaga khusus seperti KPK. Presiden Georgia Mikheil Saakashvili MEMIMPIN LANGSUNG pemberantasan korupsi. Bandingkan dengan Indonesia dengan KPK, sejak 2002 sampai sekarang masih di peringkat 90 dari 176 negara dengan skor 37. Itu adalah bukti bahwa lembaga anti korupsi seperti KPK pasti berhasil, hanyalah mitos!. Kunci utama keberhasilan pemberantasan korupsi BUKAN adanya KPK yang lepas dari pemerintah.

Keberhasilan ditentukan KEPEMIMPINAN Presiden dalam memimpin langsung pemberantasan korupsi Di Georgia, council anti korupsi dipimpin chairman (ministry of justice) dengan anggota seluruh perwakilan senior kementerian lembaga, legislatif, yudikatif dan unsur masyarakat. Council itu TANPA KEWENANGAN PENINDAKAN. Dengan adanya keseriusan Presiden, Georgia berhasil. Keberadaan lembaga anti korupsi yg ‘independen’ sudah tidak ada lagi. KICAC Korea Selatan, ICAC Hongkong, Anti Korupsi Nigeria, BPR Malaysia, bahkan CPIB Singapura, semuanya di bawah kendali pemerintah.

Cek rata-rata peringkat CPI negara diatas lebih baik daripada Indonesia Berikut ini tulisan pendukung berupa jurnal, bahwa Anti Corruption Body (seperti halnya KPK) is more a myth than reality : https://m.box.com/shared_item/https%3A%2F%2Fapp.box.com%2Fs%2Fuglxsef5pyp1krco6o5m

Lihatlah ranking 10 besar CPI ini, tak satupun menggunakan pendekatan pembentukan Lembaga ‘independen’ anti korupsi Hanya dengan strategi pencegahan yang tepat dan keberanian, Presiden Georgia Mikheil Saakashvili mampu membawa Georgia, dari negara porak poranda tahun 2003 menjadi negara ranking 44 Posisinya jauh diatas Indonesia dengan KPK yang GADUH. Tangkap2 tanpa arah!, Bahkan negara seperti Jerman, Jepang, TIDAK meratifikasi UNCAC. Inggris mengandalkan Kepolisian (City of London), Amerika mengandalkan Kepolisian (FBI), Canada (Royal Mountain Police), Australia mengandalkan AFP Berikut ini adalah lembaga anti korupsi Georgia.

Pencegahan yang berhasil + Kepemimpinan yang kuat Keberhasilan strategi Georgia tanpa riuh rendah, tanpa merusak pranata sosial/institusional yang ada. Senyap dan berhasil.

Sumber: Kompilasi Twit oleh Agus Dwi (Twitter: @monot0ne) – warganet berdomisili di Washington DC, Amerika Serikat

Check Also

Kalah Banding Di PT, Dan Korbkankan Partai, Elit PKS Harus Mengundurkan Diri

Findonews.com – Pukulan telak kembali mendera partai dakwah. Tiga hari setelah manuver Fraksi PKS untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *