Sunday, 19 November 2017
Home / Gaya Hidup / Jangan Sepelekan Timun Suri, Mulai Kanker Sampai Racun Ditangkis Sama Buah Musiman Ini

Jangan Sepelekan Timun Suri, Mulai Kanker Sampai Racun Ditangkis Sama Buah Musiman Ini

source : internet
source : internet

Buah yang satu ini memang kurang familiar ya guys,keberadaanya dipasaran baru sering terlihat saat bulan puasaseperti ini Sekilas sih orang-orang memandang buah yang memiliki warna kulit kuning kehiajuan ini, sebelah mata. Soalnya banyak yang tidak tau cara mengelolanya. Padahal, buah ini bisa dijadikan olahan minuman yang sangat enak dan menyegarkan loh.

Yap, apalagi kalau bukan buah Timun Suri. Memiliki nama latin Curcumis Lativus, timun suri tergolong buah yang teksturnya mudah rusak ketika matang, mempunyai aroma yang harum dengan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi sehingga bisa menambah kesegaran dan pelepas dahaga.Selain menjadi buah yang menyegarkan, timun suri juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya:

1. Mengandung vitamin A dan antioksidan

Timun suri mengandung banyak vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada timun suri juga baik untuk kesehatan yaitu sebagai pencegah penuaan dini.

2. Mencegah flu dan infeksi

Kandungan vitamin C di dalam timun suri bisa mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan karena sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.

3. Glukosa dan fluktosa yang baik bagi tubuh

Karena ini adalah gula yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat, jadi kita akan dengan segera mendapatkan tambahan energi setelah mengonsumsi timun suri.

4. Menghilangkan racun di dalam tubuh

Kadar air dalam buah timun suri yang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 persen membuat kita lancar dalam buang air kecil. Ini bisa bermanfaat membuang racun yang ada di dalam tubuh dan menetralkan tubuh dari racun. Artinya, timun suri membantu detoksikasi di dalam tubuh kita.

5. Mengandung asam linoleat

Asam linoleat pada timun suri berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.

6. Anti kanker

kandungan senyawa saponin pada timun suri bisa mencegah sakit kanker, dan timun suri juga memiliki manfaat sebagai menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita. Artinya, timun suri sangat baik untuk di konsumsi.

Banyakkan manfaatnya, makanya nggak heran kalau buah ini tepat dijadikan sebagai bahan meracik  minuman pelepas dahaga ketika berbuka puasa nanti. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, kandungan air dalam buah ini juga mampu menjadi mengusir dehidrasi selama berpuasa seharian.

Check Also

Pilih Mana, Iphone X atau Iphone 8 ?

Seperti biasa, antusiasme pecinta Apple tak dapat dibendung tiap kali perusahaan besutan Steve Jobs ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *