Saturday, 18 November 2017
Home / Berita Utama / Investasi US$100 Juta dari Mitsui & Co Untuk MatahariMall.com

Investasi US$100 Juta dari Mitsui & Co Untuk MatahariMall.com

Foto : Inet
Foto : Inet

Findonews, Jakarta – MatahariMall.com, perusahaan eCommerce B2C terkemuka di Indonesia, mengumumkan tambahan investasi US$100 juta dari perusahaan konglomerat asal Jepang, Mitsui & Co. Mitsui menjadi pemimpin investor dengan partisipasi dari pemodal baru dan pemodal yang sudah ada. Investasi ini mengukuhkan MatahariMall.com sebagai salah satu perusahaan teknologi paling bernilai di Indonesia.

MatahariMall.com, yang didukung Grup Lippo, memanfaatkan kekuatan tim, merek terpercaya, jaringan O2O terbesar, prasarana pengiriman yang kuat, produk eksklusif dan harga bersaing, telah berhasil mendobrak pasar. MatahariMall.com mengumumkan bahwa investasi tersebut akan digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar dan memperkuat kedudukannya sebagai pemain eCommerce O2O terkemuka.

“Saya sangat bangga dengan kerja keras semua tim MatahariMall.com selama ini. Kami juga sangat gembira menyambut Mitsui sebagai mitra kami. Kerja sama ini adalah validasi kuat terhadap visi kami, dan kami berharap bisa terus bertumbuh ke tahap selanjutnya. Visi kami adalah menjadi perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia dan menjadi mesin penggerak pertumbuhan industri eCommerce di kawasan ini,” kata, CEO MatahariMall.com Hadi Wenas, dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10).

Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar menambahkan, MatahariMall.com tumbuh sangat pesat dalam setahun terakhir. Pendanaan kali ini menunjukkan kepercayaan dan optimisme pemodal kepada MatahariMall.com dan peluang jangka panjang MatahariMall.com di Indonesia. “Keahlian dan rekam jejak Mitsui di bidang teknologi dan logistik akan sangat menunjang rencana pertumbuhan MatahariMall.com,” katanya.

MatahariMall.com adalah perusahaan eCommerce teranyar yang menerima modal dari Mitsui. Pada Maret 2016, Mitsui memimpin pendanaan terhadap Mercari, perusahaan eCommerce C2C terkemuka di Jepang, yang memiliki nilai perusahaan lebih dari US$1 miliar.

COO ITC Mitsui & Co Nobuaki Kitamori, dalam pernyataannya tentang kemitraan ini mengatakan, “Kami memiliki keyakinan pada Indonesia, terutama dalam peluang eCommerce di Indonesia. Kami telah mengikuti perkembangan MatahariMall.com yang begitu pesat sejak berdiri, dan sangat senang dapat berinvestasi di perusahaan ini. Mitsui berkomitmen terhadap visi jangka panjang MatahariMall.com dan berharap dapat membantu tim MatahariMall.com dalam merealisasikan rencana itu.”

Mitsui dan Grup Lippo menorehkan keberhasilan dalam menjalin kemitraan dan investasi di bidang teknologi dan media di Indonesia, termasuk penyedia layanan koneksi Internet 4G terdepan, Bolt, layanan jaringan televisi berbayar BIGTV, dan Pusat Data seluas 80.000 meter persegi. Investasi di MatahariMall.com akan dikucurkan dalam beberapa tahap dalam periode 12 bulan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut baik investasi ini. “Transaksi ini adalah tonggak baru bagi eCommerce Indonesia. Saya menyambut investasi Mitsui di MatahariMall.com ini. Kami yakin dan memberi dukungan penuh kepada jagoan nasional dan perusahaan seperti MatahariMall.com akan dapat memetik manfaat sangat besar dalam revolusi digital ini. Selamat!”

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani, juga turut menyatakan optimismenya, “Ini hal sangat positif bagi industri eCommerce Indonesia. Kami percaya, jagoan nasional terbukti paling siap untuk memanfaatkan dinamika digital dan MatahariMall.com jelas telah memposisikan diri secara strategis. Mitsui telah memiliki rekam jejak panjang dalam investasi di Indonesia. Mereka telah mengenal pasar dengan sangat baik dan memiliki strategi jangka panjang.”

Grup Lippo adalah salah satu perusahaan aktif di ruang digital Indonesia. Selain MatahariMall.com, Lippo membangun MBiz, perusahaan eCommerce B2B dan B2G terdepan di Indonesia. Selain itu, melalui Venturra Capital, Lippo berinvestasi di lebih dari 24 start-up teknologi di Asia Tenggara. Lippo Group juga menjadi pemodal Grab, perusahaan layanan angkutan on-demand terdepan di Asia Tenggara. Kemudian, pada awal tahun ini, Grup Lippo mengumumkan kemitraan dengan Grab untuk menyelenggarakan sistem pembayaran universal di Indonesia. Pada awal bulan ini, Bloomberg news juga memberitakan bahwa Grup Lippo akan memasuki bidang teknologi finansial.

“Negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara ini semakin aktif di dunia online dan saat ini terdapat momentum signifikan di eCommerce Indonesia,” kata Chris Gammons, Kepala Investment Banking Bank of America Merrill Lynch untuk Asia Tenggara. “Hal ini didukung tiga kecenderungan kuat, yaitu pertumbuhan ekonomi kuat, pertumbuhan urbanisasi dan adaptasi teknologi yang cepat. Dengan rekam jejak keberhasilan membangun bisnis di negara ini, serta platform eCommerce yang telah tersedia, Grup Lippo sangat siap untuk menjadi pemimpin dalam dinamika sektor menarik ini.”[PR/M-6]

Sumber : BeritaSatu.com

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *