Saturday, 18 August 2018
Home / Berita Utama / Ini Dia Beberapa Fakta Bandara Soekarno-Hatta Sering “Telat”

Ini Dia Beberapa Fakta Bandara Soekarno-Hatta Sering “Telat”

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Bandara Soekarno-Hatta masuk peringkat tiga terbawah yaitu peringkat 511 dari 513 bandara yang disurvei tingkat ketepatan waktunya. Berdasarkan riset perusahaan analis penerbangan Official Air Guide (OAG) yang merilis perbandingan On Time Performance (OTP) atau tingkat ketepatan waktu.

Ini dia beberapa faktanya :

1. Masuk tiga bandara yang sering “delayed”

Setelah Official Air Guide (OAG) merilis perbandingan On Time Performance (OTP) atau tingkat ketepatan waktu dari 513 bandara di seluruh dunia Soekarno Hatta masuk daftar tiga terbawah dengan rata-rata OTP sebesar 58,5%, disusul Bandara Internasional Islamabad di Pakistan dengan rata-rata OTP sebesar 56,9% dan Bandara Internasional Tunis di Tunisia dengan rata-rata OTP sebesar 43,3%.

2. Bandara Soekarno-Hatta masih sering tidak tepat waktu

Walaupun sedang berbenah, Bandara Soekarno-Hatta masuk sebagai salah satu bandara yang paling tidak tepat waktu. Hal tersebut terbukti dari hasil riset perusahaan analis OAG yang berbasis di Inggris. Dari hasil riset itu, Soekarno-Hatta menduduki peringkat 511 dari 513 dari bandara yang disurvei yang tak lain menunjukkan masuk di peringkat tiga terbawah.

OTP bandara diukur dari waktu keberangkatan dan kedatangan yang kurang dari 15 menit setelah waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan termasuk pembatalan. Rata-rata OTP Bandara Soekarno-Hatta sebesar 58,5% berdasarkan survei yang dilakukan dari Juni 2017 sampai Mei 2018.

3. Data milik Airnav yang memperkuat

Yohannes Sirait selaku Manajer Humas Airnav Indonesia, sebagai bandara yang pergerakannya sangat padat di asia, delay pesawat memang tak terhindarkan. Tetapi, bukan berarti Airnav menutup mata. “Kalau ada delay akibat bencana alam kita sudah punya SOP dan berstandar internasional”, ucapnya.

Airnav berkoordinasi dengan instansi lain dan langsung berhubungan dengan maskapai dan pilotnya masing-masing. “Kapasitas pesawat, pergerakan di Bandara Soetta di Asia, kita masih yang nomor satu dari segi kepadatan. Untuk slot penerbangan paling banyak pagi dan sore,” tambahnya.(zaa)

Check Also

Ada Untung dan Rugi Imbas Krisis Turki

Jakarta, Findonews.com – Jatuhnya ekonomi Turki beberapa hari belakangan memberikan imbas bagi pasar global, meski pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *