Saturday, 20 October 2018
Home / Berita Utama / Indeks Saham dan Obligasi Turun Lebih Dari 5 % Karena Rupiah Lemah

Indeks Saham dan Obligasi Turun Lebih Dari 5 % Karena Rupiah Lemah

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Kerugian yang di alami investor asing akibat jatuhnya harga saham dan obligasi juga akan membebani mereka yang disebabkan karena melemahnya nilai tukar rupiah.

Investor di pasar finansial domestik merasakan perekonomian global yang dibayang-bayangi dengan ketidak pastian. Pasalnya, nilai tukar rupiah yang terdepresiasi terhadap dolar Amerika membuat pemodal asing meninggalkan pasar saham dan obligasi domestik. Hal tersebut membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Indeks obligasi komposit (ICBI) Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) bergerak di area negatif. Keresahan terhadap perang dagang, krisis di argentina dan defisit neraca perdagangan indonesia berakibat pada rupiah yang mengalami pelemahan paling dalam jika di bandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Bersumber pada data Bloomberg, Nilai tukar rupiah pada perdagangan 18 September 2018 ditutup pada level Rp 14.885 per dolar Amerika yang berarti rupiah terdepresiasi 8,75% dibandingkan posisi akhir tahun lalu di Rp 13.555. Hal itu mengakibatkan harga-harga saham di Bursa Efek Indonesia turun sehingga IHSG terkoreksi 8,56% ke posisi 5.811,79 dari level 6.355,65 di akhir 2017. Sama hal nya dengan ICBI yang sepanjang tahun ini turun 5,43% ke 229,78 dari posisi akhir tahun lalu di 242,98.

Oleh karena itu, para pengelola dana asing sangat berhati-hati untuk kembali masuk ke pasar finansial global. Disamping dampak jatuhnya harga saham maupun obligasi (surat utang), investasi para fund manajer asing tersebut juga akan tergerus oleh melemahnya nilai tukar rupiah jika akan dikonversikan ke mata uang asing sesuai asal negaranya. Secara riil, kerugian investor mancanegara juga akan bertambah oleh laju inflasi yang pada Agustus 2018 mencapai 3,2% (YoY).

Check Also

Anies ke Djarot soal Kelamaan Jomblo: Berkaca Dulu

Jakarta, Findonews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons Djarot Saiful Hidayat terkait posisi kosong Wakil Gubernur DKI usai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *