Thursday, 18 April 2019
Home / Berita Utama / INDEF : INSENTIF FISKAL HARUS DIBERIKAN KEPADA PELAKU INDUSTRI LOKAL

INDEF : INSENTIF FISKAL HARUS DIBERIKAN KEPADA PELAKU INDUSTRI LOKAL

Foto : Internet

Jakarta, findonews.com – Bhima Yudhistira, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai salah satu yang harus dilakukan adalah memberi insentif fiskal kepada pelaku industri lokal.

“Seperti keringanan perpajakan, khususnya pajak daerah, terutama bagi industri-industri yang terkena pukulan ekonomi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (19/3).

Disamping hal tersebut, pemerintah juga seharusnya menjamin industri lokal bisa mendapat bahan baku dengan mudah. Infrastruktur jalan yang baik dapat menjadi salah satu faktor penunjang distribusi bahan baku tersebut.

“Di samping itu, juga infrastruktur di daerah itu sendiri. Yang membuat mahal biaya logistik itu karena infrastruktur yang belum merata,” ungkapnya.

Sementara itu politisi Ade Sudrajat menilai pelatihan menjadi kunci pengembangan industri lokal. Dia yakin dengan pelatihan, pelaku industri lokal bisa memperluas pangsa pasar dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Termasuk pelatihan memanfaatkan gawai untuk memasarkan produk.

Menurutnya, pelatihan bisa dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Tenaga Kerja dengan menggandeng industri-industri di daerah.

“Mereka harus dibekali ilmu pengetahuan tentang handphone yang berfungsi sebagai IT-nya mereka. Bagaimana cara masuk online, bagaimana menawarkan, bagaimana pembayaran dan sebagainya,” terangnya.

Check Also

FAHRI HAMZAH SOAL KETIDAKHADIRAN SANDIAGA UNO SAAT PRABOWO DEKLARASI KEMENANGAN

Jakarta, findonews.com – Ketidakhadiran calon wakil presiden (cawapres) 02, Sandiaga Salahuddin Uno pada saat Prabowo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *