Wednesday, 27 March 2019
Home / Berita Utama / Hasil MotoGP Qatar : Dovi kembali asapi Marquez di tikungan akhir

Hasil MotoGP Qatar : Dovi kembali asapi Marquez di tikungan akhir

Foto : Internet

Gelaran MotoGP 2019 sudah dimulai, diawali dengan GP pembuka yaitu seri Qatar. Sama seperti musim lalu, Pembalap andalan Ducati, Andrea Dovizioso kembali mengalahkan Marc Marquez dalam duel sengit hingga lap dan tikungan terakhir pada seri pembuka MotoGP 2019 yang dilangsukan di Sirkuit Internasional Losail Qatar (10/3).

Masih teringat saat musim 2018 lalu Dovi dan Marc berduel sengit, hingga akhirnya Dovi berhasil memenangkan pertarungan dengan mengasapi Marc di tikungan terakhir. Peristiwa itu kembali terjadi pada seri pembuka MotoGP Qatar 2019.

Tersisa empat lap terakhir, di mana pertarungan panas mereka dimulai. Marc yang menempel ketat di belakang Dovi mencoba untuk melewati pembalap Ducati asal Italia tersebut, beberapa kali Marc mencoba mengambil dari sisi dalam maupun luar, namun pengamanan posisi yang dilakukan oleh Dovi sangatlah sempurna, namun Dovi melakukan kesalahan pada saat lap tersisa 2 putaran, Marc yang melihat situasi tersebut langsung memanfaatkan peluang untuk mengambil alih pimpinan balap untuk sementara.

Alih-alih ingin meninggalkan Dovi dan rombongan di belakangnya, justru Marc kembali disusul oleh Dovi pada lurusan panjang Start-Finish, disaat final Marc mencoba menempel ketat dan memanfaatkan berbagai tikungan untuk menyalip Dovi, pada akhirnya di tikungan akhir Marc berhasil mengovertake Dovi, namun ia (Marcquez) harus melebar dan melambatkan motornya, Dovi pun sepertinya sudah mengetahui situasi tersebut dan kembali mengambil alih pimpinan balap hingga melewati akhir garis finish dengan keunggulan 0,023 detik!

Pada balapan dini hari tadi bukan hanya soal Dovi dan Marc saja, selepas start, aksi mengesankan juga diperlihatkan duo Suzuki Alex Rins dan debut impresif rookie Joan Mir. Rins sempat mengganggu duel antara Dovi dan Marc, namun dalam beberapa lap, pembalap Suzuki tersebut kendor dan berduel untuk peringkat ke-3, dengan Crutchlow, Petrucci dan sang Rookie Joan Mir.

Inilah kali keempat Dovizioso memenangi pertarungan atas Marquez. Sebelumnya, selain Qatar 2018, mereka bertarung sengit di Red Bull Ring dan Motegi 2017.

Perebutan posisi ke-3 menjadi milik Cal Crutchlow. Pembalap asal Inggris tersebut menunjukkan penampilan heroik atas keberhasilan podium ketiga. Rins harus puas finis keempat.

Hasil yang sangat baik juga ditunjukan sang maestro The Doctor Valentino Rossi, Start dari Posisi ke-14, The Doctor mampu Finish di posisi ke-5, sementara rekan satu tim Rossi, yang juga sang Pole Position Maverick Vinales harus puas berada di posisi ke-7. Posisi ke-6 ditempati pembalap Factory Ducati, Danilo Petrucci.

Sementara sang rookie Joan Mir menjadi rookie terbaik, finis kedelapan. Takaaki Nakagami menghuni urutan kesembilan dan Aleix Espargaro melengkapi 10 besar. Sedangkan Jorge Lorenzo finis ke-13.

Sementara itu, Fabio Quartararo, mengalami masalah mekanikal di grid start, mengisi posisi ke-16. Sedangkan duo Pramac Racing mengalami nasib sial. Jack Miller dan Francesco Bagnaia tidak finis.

Pos.RiderBikeNationPoints
1Andrea DOVIZIOSODucatiITA25
2Marc MARQUEZHondaSPA20
3Cal CRUTCHLOWHondaGBR16
4Alex RINSSuzukiSPA13
5Valentino ROSSIYamahaITA11
6Danilo PETRUCCIDucatiITA10
7Maverick VIÑALESYamahaSPA9
8Joan MIRSuzukiSPA8
9Takaaki NAKAGAMIHondaJPN7
10Aleix ESPARGAROApriliaSPA6
11Franco MORBIDELLIYamahaITA5
12Pol ESPARGAROKTMSPA4
13Jorge LORENZOHondaSPA3
14Andrea IANNONEApriliaITA2
15Johann ZARCOKTMFRA1
16Fabio QUARTARAROYamahaFRA
17Miguel OLIVEIRAKTMPOR
18Karel ABRAHAMDucatiCZE
19Tito RABATDucatiSPA
20Hafizh SYAHRINKTMMAL
21Bradley SMITHGBR
22Jack MILLERAUS
23Francesco BAGNAIAITA

Check Also

Gil de Ferran Soal Debut F1 Norris : Ia Rookie yang membalap seperti Veteran

Foto : Internet Debut balapan Formula 1 Lando Norris mendapat pujian dari  Direktur olahraga McLaren, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *