Wednesday, 14 November 2018
Home / Berita Utama / Hamilton Menangi Duel Menegangkan Atas Vettel Pada GP Spanyol

Hamilton Menangi Duel Menegangkan Atas Vettel Pada GP Spanyol

Foto : Internet (F1 GP Catalunya, Barcelona)

Lewis Hamilton keluar sebagai juara GP Spanyol, usai menenangkan duel atas Sebastian Vettel Di Sirkuit Catlunya, Barcelona, Minggu, 14/05/2017. Sempat kesulitan mengejar Vettel, Pria kebangsaan Inggris tersebut akhirnya mampu finish terdepan pada lanjutan gelaran F1.

Awal balapan, start bagus dilakukan oleh Vettel, ia langsung merebut posisi pertama milik Hamilton, namun pada tikungan 1 insiden pun terjadi antara Kimi Raikkonen dan Max Verstappen, Mobil yang dikendarai Raikkonen bersenggolan dengan Bottas pada tikungan pertama, kemudia terpental mengenai Mobil Max Verstappen, alhasil Raikkonen dan Verstappen tidak dapat melanjutkan balapan akibat kerusakan pada suspensi mobil mereka.

Imbas insiden Raikkonen-Verstappen memaksa pembalap Williams, Felipe Massa, mencoba menghindar di Tikungan 2. Tapi pembalap Brasil itu justru menyenggol mobil Fernando Alonso. Akibat kontak tersebut, Massa mengalami kerusakan pada ban sementara Alonso melebar ke jebakan kerikil.

Sementara itu Vettel memimpin jalannya balapan dengan jarak keunggulan 4,7 detik di depan Hamilton dan Bottas. Pembalap Jerman itu kemudian mencetak Fastest Lap sementara, 1 menit 25,806 detik, pada putaran ke-10.

Pada putaran ke-15, pemimpin balapan Vettel melakukan pit stop lebih awal dari rival terdekatnya. Tapi saat bergabung kembali ke trek, pembalap Ferrari itu berada di belakang mobil Ricciardo yang belum melakukan pit stop. Vettel kemudian menyalip Ricciardo pada putaran ke-16 di tikungan pertama.

Sementara Hamilton baru melakukan pit stop pada lap-21, pimpinan balapan diambil alih oleh Bottas, rekan setim Hamilton. Vettel yang berada dibelakang terlihat kesulitan untuk menyalip, beberapa kali ia mencoba namun selalu dihadang oleh Bottas. Taktik Mercedes pun berhasil, Hamitlon yang awalnya berjarak 9 detik dari Vettel, kini menjadi 4 detik.

Namun Vettel berhasil pada percobaan ke-3, ia mampu melewati Bottas dilurusan start/finish dan langsung mencoba menjauah dari kejaran Hamilton. Paruh tengah balapan, Massa dan Vandoorne terlibat insiden senggolan. Kerusakan dialami pembalap McLaren Vandoorne, ia mengalami kerusakan suspense akibat senggolanya atas Massa. Alhasil Vandoorne tidak dapat melanjutkan balapannya hingga usai. Virtual safety car diberlakukan akibat insiden tersebut.

VSC berakhir pada lap ke-37, kemudian Hamilton melakukan pit stop untuk berganti ke kompon soft. Sementara Vettel yang masuk ke pit satu lap berikutnya muncul kembali ke trek bersampingan dengan Hamilton.

Saat keluar pit, Vettel dan Hamilton sempat bersenggolan pada tikungan pertama, Hamilton berteriak pada tim radio “ia (Vettel) sengaja mencoba mengeluarkan saya dari trek” ungkap Hamilton. Vettel pun akhrinya tetap memipin balapan dengan menggunakan ban kompon medium.

Pada putaran ke-44, Hamilton membalas Vettel kemudian mengambil alih posisi pimpinan balapan sekaligus mengunci kemenangannya, memanfaatkan zona DRS di lurusan start-finis.

Setelah 66 putaran sudah dilewati, akhirnya Lewis Hamilton (Mercedes) berhasil menjadi yang terdepan, disusul oleh Sebastian Vettel (Ferrari) ditempat kedua dan Daniel Ricciardo (Red Bull) ditempat ketiga. Ini adalah kali pertama Ricciardo berada dipodium untuk tahun ini.

Sementara itu duo Force India Sergio Perez dan Juga Esteban Ocon berhasil meraih hasil terbaiknya musim ini, finish diurutan empat dan lima. posisi enam diraih Nico Hulkenberg. Pascal Wehrlein meraih hasil positif pada balapan kali ini. Ia mampu  menyelesaikan balapan pada posisi 7, namun akibat hukuman 5 detik pinalty yang ia dapat, posisinya digusur oleh Carlos Sainz yang naik ke posisi 7 sementara Wehrlein turun ke Posisi 8.

Hasil baikpun diraih oleh Daniil Kvyat, Start dari barisan paling belakang, ia mampu bangkit dan kemudian berada di posisi ke-9. sedangkan posisi 10 ditempati pembalap Haas, Romain Grosjean.

Check Also

Lagi, Stefan Bradl Akan Gantikan Crutchlow Di GP Valencia

Findonews.com – Stefan Bradl dipastikan akan kembali menggantikan peran Cal Crutchlow pada seri pamungkas MotoGP. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *