Wednesday, 19 December 2018
Home / Berita Utama / Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Berkat Team Order

Hamilton Menangi Balapan GP Rusia Berkat Team Order

Foto : Internet

Findonews.com – Lewis Hamilton berhasil memenangkan balapan minggu kemarin pada lanjutan kejuaraan Formula 1 GP Rusia, Minggu (30/9). Namun kemenangan Hamilton banyak disinggung oleh beberapa pihak karena menggunakan strategi team order. Saat lampu merah padam,Valtteri Bottas mampu mendominasi di awal-awal. Vettel yang mencoba memanfaatkan slip stream Valtteri gagal memanfaatkan peluang tersebut. Hamilton yang tertekan oleh Vettel bisa sedikit menjauh untuk meredam serangan dari pembalap Ferrari tersebut.

Start memukai dilakukan oleh Max Verstappen, memulai balapan dari grid ke-19, Verstappen berhasil naik enam posisi saat balapan baru dimulai. Adapun sang Rookie Charles Leclerc memperlihatkan kemampuanya secara impresif, manuver cantiknya mampu melewati Esteban Ocon (Force India) dan Kevin Magnussen (Haas) untuk naik ke posisi ke-lima, ini memperlihatkan atau sebagai pembuktian bahwa dirinya pantas berada dikursi balap Ferrari untuk musim depan.

Verstappen yang menggunkan ban soft, perlahan mulai menyalip satu per satu pembalap, hingga akhirnya merangsek ke posisi lima di lap ketujuh dan berjarak 20 detik dari pemimpin balapan, Bottas. Memasuki lap ke-12, Bottas masuk pit sebagai pembalap pertama dan mengganti menggunakan kompon soft. Taklama kemudian, giliran Sebastian Vettel yang memasuki pit dan menggunakan ban sama seperti Bottas. Sementara Hamilton yang memaksakan untuk bertahan dua lap lebih lama mengalami kesalahan saat memasuki pit dan menjadi lebih lama saat di dalam pit, Alhasil Vettel berhasil menyalip Hamilton.

Namun satu lap setalah itu Hamilton langsung beringas menyerang Vettel selang satu lap kemudian. Hamilton nyaris mendapatkan kembali posisi ke-2 nya di trek lurus, namun Vettel menutup celah tersebut dan hampir menabrak mobil bagian belakang Vettel jika Hamilton tidak sigap.

Namun setelah tikungan pertama, Hamilton yang memiliki tenaga lebih besar dengan mobil Mercedesnya mampu melewati Vettel untuk merebut posisi ke-2 nya kembali. Vettel dengan mobil Ferrarinya tampak kesulitan untuk mendekati Hamilton dan Bottas.

Hamilton yang membutuhkan kemangan guna menjauhi jarak dengan Vettel diklasemen sementara, mendapatkan keberuntungan, saat balapan memasuki lap ke-24, Mercedes akhirnya memberikan team order kepada Bottas yang harus rela memberikan posisi pertamanya kepada Hamilton. Bottas nampak tidak senang dengan permintaan tersebut namun apapun yang terjadi ini adalah perintah dari sebuah team yang harus dilaksanakan.

Verstappen yang menggunakan kompon soft memimpin balapan hingga lap ke-43, kemudian ia melakukan pit mengganti menggunakan kompon ultra soft dan harus rela turun menjadi urutan kelima.

Bendera Finish tanda berakhirnya balapan pun dikibarkan, Hamilton kembali memenangi balapan melanjutkan tren positif pada balapan sebelumnya di GP Singapore. Bottas harus puas diposisi ke-2 akibat perintah team order. Sedangkan Vettel kembali menelan kekalahan dari Hamilton yang kini semakin unggul jauh di klasemen sementara yaitu 50 poin.

Raikkonen harus puas di urutan keempat, disusul duo Red Bull yang start dari grid belakang melengkapi enam besar. Leclerc yang tampil impresif dengan mobil Saubernya mampu finis ketujuh, ini merupakan hasil terbaiknya sejak peringkat keenam di Baku. Ia juga tidak terkena overlap pada balapan kali ini.

Posisi ke-delapan di tempati oleh pembalap Haas Kevin Magnussen. Force India menerapkan aturan yang ketat pada balapan kali ini atas insiden sebelumnya yang menimpa Ocon dan Perez. Ocon yang berada di depan Perez tidak mampu memberi perlawanan kepada Magnussen, tim pun memberikan kesempatan kepada Perez untuk menyerang Kevin Magnussen, namun Perez pun tidak bisa memberikan perlawanan terhadap Magnussen dan harus kembali ke posisi awal yaitu di belakang Ocon. Ocon dan Perez pun finish diurutan ke-9 dan ke-10 melengkapi hasil 10 besar balapan GP Russia.

Sementara itu dua pembalap Toro Rosso sama-sama tidak bisa menyelesaikan balapan karena pada lap pertama mengalami masalah mekanis pada bagian rem.

Hasil Balapan GP Rusia :

POS NO DRIVER CAR LAPS TIME/RETIRED PTS
1 44 Lewis Hamilton MERCEDES 53 1:27:25.181 25
2 77 Valtteri Bottas MERCEDES 53 +2.545s 18
3 5 Sebastian Vettel FERRARI 53 +7.487s 15
4 7 Kimi Räikkönen FERRARI 53 +16.543s 12
5 33 Max Verstappen RED BULL RACING TAG HEUER 53 +31.016s 10
6 3 Daniel Ricciardo RED BULL RACING TAG HEUER 53 +80.451s 8
7 16 Charles Leclerc SAUBER FERRARI 53 +98.390s 6
8 20 Kevin Magnussen HAAS FERRARI 52 +1 lap 4
9 31 Esteban Ocon FORCE INDIA MERCEDES 52 +1 lap 2
10 11 Sergio Perez FORCE INDIA MERCEDES 52 +1 lap 1
11 8 Romain Grosjean HAAS FERRARI 52 +1 lap 0
12 27 Nico Hulkenberg RENAULT 52 +1 lap 0
13 9 Marcus Ericsson SAUBER FERRARI 52 +1 lap 0
14 14 Fernando Alonso MCLAREN RENAULT 52 +1 lap 0
15 18 Lance Stroll WILLIAMS MERCEDES 52 +1 lap 0
16 2 Stoffel Vandoorne MCLAREN RENAULT 51 +2 laps 0
17 55 Carlos Sainz RENAULT 51 +2 laps 0
18 35 Sergey Sirotkin WILLIAMS MERCEDES 51 +2 laps 0
NC 10 Pierre Gasly SCUDERIA TORO ROSSO HONDA 4 DNF 0
NC 28 Brendon Hartley SCUDERIA TORO ROSSO HONDA 4 DNF 0

Check Also

Prabowo : Bayi Yang Baru Lahir Sudah Harus Tanggung Hutang Rp 9 Juta

Foto : Internet Jakarta, findonews.com – Prabowo Subianto, Capres Nomor urut 2 kembali menyoroti masalah kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *