Saturday, 18 August 2018
Home / Berita Utama / Foto Rizieq Dihapus, PAN Minta Instagram Tak Main Politik

Foto Rizieq Dihapus, PAN Minta Instagram Tak Main Politik

Instagram menghapus foto pertemuan Rizieq Shihab dengan Amien Rais dan Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, Findonews.com – Partai Amanat Nasional (PAN) kecewa Instagram menghapus foto-foto pertemuan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan imam besar FPI Habib Rizieq Shihab dari akun @amienraisofficial.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Daulay menganggap ada perlakuan yang berbeda dari Instagram kepada para penggunanya. Saleh menegaskan unggahan foto itu tak ubahnya bagian dari kebebasan berekspresi.

“Kami minta penjelasan dari Instagram alasan mereka me-remove gambar tersebut. Jangan sampai penghapusan itu justru bernuansa politik. Instagram tidak boleh berpihak pada satu kelompok, menafikan kelompok lain,” kata Saleh melalui pesan singkat kepada Findonews.com, Senin (4/6).

Wakil ketua komisi IX DPR itu mengaku tak bisa menduga satu pun alasan yang menjadi penyebab Instagram menghapus foto tiga tokoh itu. Saleh khawatir media sosial berbagi foto dan video tersebut sudah masuk dalam ranah politik.

“Itu yang perlu diminta penjelasannya dari Instagram. Kalau tidak dijelaskan, bisa saja kita menafsirkan bahwa instagram sedang berpolitik. Kalau itu benar, itu tentu tidak baik bagi dinamika sosial politik kita di Indonesia,” ujarnya.

Foto-foto pertemuan Rizieq, Amien Rais, dan Prabowo Subianto di Instagram diungkapkan pertama kali oleh akun amienraisofficial.

Dalam akun tersebut, admin menulis bahwa Instagram secara sepihak menghapus foto pertemuan itu.

“Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali diciderai; mengembalikan kita pada era yang represif (Orde Baru), di tengah-tengah kebijakan populis yang palsu (Orde Lama),” demikian pernyataan amienraisofficial.

Check Also

Ada Untung dan Rugi Imbas Krisis Turki

Jakarta, Findonews.com – Jatuhnya ekonomi Turki beberapa hari belakangan memberikan imbas bagi pasar global, meski pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *