Thursday, 14 December 2017
Home / Berita Utama / Fairing Baru Yamaha Yang Menjadi Perbincangan Banyak Orang

Fairing Baru Yamaha Yang Menjadi Perbincangan Banyak Orang

Foto : Inet

Findonews.com – Pada sesi tes Valencia kemarin, Yamaha sempat menjadi banyak perbincangan banyak orang, dikarenakan motor YZR M1 mereka yang menggunakan fairing menyerupai winglet pada tahun 2016. Memang sebenarnya, benda yang berada dibagian depan M1 bukan winglet seperti apa yang pernah Yamaha pakai di musim 2016 lalu, melainkan hanya sebuah fairing saja. Namun banyak orang yang menilai kalau fairing itu sama percis seperti winglet.

Pemakaian fairing dilarang pada akhir musim 2016, dikarenakan faktor keamanan, karena dinilai terlalu berbahaya bagi rider lain. Namun melihat pemakaian fairing Yamaha yang seperti winglet, Dovizioso berkomentar tentang larangan pemakaian winglet.

“Saya tidak ingin membuat kontroversi, tapi hanya ada satu pendapat yang memungkinkan. Kami diberi tahu bahwa winglet dilarang karena itu terlalu bahaya, dan fairing saat ini lebih berbahaya dibanding sayap tersebut,” ucap Dovizioso.

Keputusan larangan pemaikan winglet memang sangat berpengaruh bagi Performa Ducati, Pasalnya Ducati lah yang menjadi pelopor pemakaian winglet, yang membuat Desmosedici menjadi lebih terkontrol dan bertenaga pada 2015 silam.

Dovi juga menambahkan jika alasan Dorna atas pemakaian winglet hanya untuk merusak Ducati saja, bukan karena keamanan.

Musim 2017 para pabrikan mencoba mengakali hilangnya pemakaian winglet dengan desain fairing yang setidaknya sedikit berfungsi sama seperti winglet pada musim 2016. Namun tampaknya desain fairing yang bermacam-macam masih belum bisa menyamai keunggulan winglet.

Maverick Vinales yang mengendarai M1 dengan desain fairing baru berkomentar positif akan hadirnya perangkat tersebut, baginya fairing baru Yamaha membuat motor lebih baik.

“Saya tidak merasa ini ilegal,” ujar Vinales. “Aprilia dan Ducati melakukan hal yang sama, jadi saya tidak tahu jika ini berdasarkan peraturan.

“Pada akhirnya terlihat seperti winglet, tapi hanya… selain fairingnya, motor terlihat sama. Sejujurnya ini tentang keputusan Dorna, saya setuju apa yang mereka putuskan, saya setuju.

Check Also

Kalah Banding Di PT, Dan Korbkankan Partai, Elit PKS Harus Mengundurkan Diri

Findonews.com – Pukulan telak kembali mendera partai dakwah. Tiga hari setelah manuver Fraksi PKS untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *