Saturday, 15 December 2018
Home / Berita Utama / Fahri Hamzah Sebut KPK Sebenarnya Sudah Meneyerah Tangani Korupsi

Fahri Hamzah Sebut KPK Sebenarnya Sudah Meneyerah Tangani Korupsi

Foto : FIndonews

Findonews.com – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengkritik Ketua KPK, Agus Rahardjo yang meminta agar pemerintah menggeluarkan Perppu tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Fahri mengatakan, sikap Ketua KPK membuktikan lembaga antirasuah telah menyerah untuk mengatasi korupsi di Indonesia yang semakin parah. Bahkan mengibaratkan seperti dokter sudah gagal diagnosis sehingga tak berhasil mengobati.

Fahri mengatakan, bahwa KPK sebenarnya sudah menyerah mengatasi persoalan korupsi di Indonesia karena sudah gagal dalam mengidentifikasi persoalan korupsi. Selain itu menurut Fahri, apa yang dilakukan KPK dengan meminta dibuatkan Perppu merupakan bentuk lembaga tersebut tidak sanggup lagi memberantas korupsi.

“Saya melihat KPK sebetulnya sudah menyerah atau lempar handuk, karena sesungguhnya persoalan korupsi sudah gagal diidentifikasi. Ibarat dokter sudah gagal diagnosis ya, gagal mengobati saya kira sudah terjadi kegagalan secara masif dalam mendiagnosis korupsi di Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

KPK memang menginginkan ada perubahan dalam UU Pemberantasan Tipikor untuk mengakomodasi beberapa rekomendasi dari konvensi PBB antikorupsi atau United Nations Convention Against Corruption (UNCAC). Beberapa rekomendasi tersebut, antara lain mengenai perdagangan pengaruh, perampasan aset, korupsi di sektor swasta, serta memperkaya diri sendiri dengan tidak sah.

Namun, Fahri menilai, hal tersebut merupakan blunder karena menyerahkan permasalahan kepada Presiden Jokowi. Sebab yang berwenang menerbitkan Perppu yakni Presiden. Apabila KPK sudah tidak sanggup, Fahri menyarankan agar pemberantasan korupsi diserahkan kepada lembaga inti penegak hukum yakni Kepolisian dan Kejaksaan.

“Karena apa yang dilakukan KPK membuat Perppu tidak lebih daripada bukti KPK menyerah dan tidak sanggup lagi memberantas korupsi,” Ungkap Politisi PKS tersebut.

Check Also

Fahri Hamzah : Jokowi Harus Hati-Hati Terkait Pengakuan La Nyalla

Foto : findonews.com Jakarta, findonews.com – Pengakuan eks politikus Partai Gerindra yang kini bergabung di Partai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *