Home / Berita Utama / EQUINOX, PERTANDA PERGANTIAN MUSIM

EQUINOX, PERTANDA PERGANTIAN MUSIM

Foto : Internet, Ilustrasi fenomena equinox

Jakarta, findonews.com – Fenomena equinox
yang terjadi pada Maret menjadi penanda titik balik musim semi juga dikenal dengan istilah hari tanpa bayangan . 

Bagi masyarakat yang ada di belahan Bumi utara, equinox menandakan akan datangnya musim panas. Hal sebaliknya dirasakan masyarakat di belahan Bumi lain yang akan merasakan musim dingin.

Selain terjadi di bulan Maret, dalam setahun fenomena equinox juga ada pada bulan September.

Dilansir dari Time and Date, fenomena equinox pada bulan Maret ini kerap digunakan oleh astronom untuk mengukur tahun tropis atau waktu yang dibutuhkan Bumi untuk menyelesaikan satu orbit tunggal mengelilingi matahari.

Biasanya bumi mengorbit matahari pada poros 23.5 derajat, artinya belahan bumi saling bertukar mendapatkan kehangatan dari sinar matahari. 

Dua kali dalam setahun, orbit Bumi dan kemiringan sumbunya bergabung. Hal ini membuat matahari yang berada tepat di atas garis ekuator akan membentuk garis pemisah antara bagian terang dan gelap (biasa disebut terminator atau zona senja) melalui kutub utara dan selatan.

Mengutip National Geographic, terminator itu tidak dengan sempurna membagi Bumi menjadi bagian gelap dan terang, karena atmosfer Bumi akan membengkokkan diri ke sinar matahari sejauh 60 kilometer.

Dengan kata lain, satu setengah dari planet yang kita huni ini masih sedikit lebih terang dibandingkan lainnya.

Faktanya, Bumi bukanlah satu-satunya planet yang mengalami fenomena equinox. Semua planet di tata surya juga mengalami fenomena serupa. 

Pada tahun 2009 silam, robot Cassini milik NASA yang mengorbit di sekitar planet Saturnus menangkap titik balik planet cincin itu. Seperti di Bumi, equinox juga terjadi setiap enam bulan atau 15 tahun sekali waktu Bumi.

Check Also

NEGARA RUGI 4,58 TRILIUN, SJAMSUL NURSALIM DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS BLBI

Jakarta, findonews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sjamsul Nursalim dan istri, Itjih Nursalim, sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *