Sunday, 16 December 2018
Home / Berita Utama / DPR Minta Kemenlu Protes Atas Kasus Penjualan Perempuan ke China

DPR Minta Kemenlu Protes Atas Kasus Penjualan Perempuan ke China

Foto : Internet

Jakarta, Findonews.com – Komisi I DPR RI mengutuk keras praktik penjualan 16 perempuan muda untuk kawin kontrak di Cina dan meminta agar kementrian luar negeri (Kemenlu) segera melayangkan protes.

“Mengutuk keras perdagangan manusia, human trafficking,” ujar Wakil Ketua Komisi I Satya Widya Yudha, Kamis (20/9/2018).

Satya mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah memanggil Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) terkait permasalahan ini. Pihaknya akan terus mendesak Kemenlu agar dapat segera berkoordinasi dengan pemerintah Cina terkait hal tersebut. Ia juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk turun tangan mengatasi kasus perdagangan perempuan tersebut. Hal ini demi perlindungan Warga Negara Indonesia.

“Negara harus hadir. Saya yakin Kapolri dan Menlu serta Menaker akan menangani dengan baik,” ujar Satya.

Berdasarkan aduan keluarga korban yang anak-anaknya dijual ke Cina, praktik perdagangan manusia ke Cina pun terungkap, yang mana para perempuan muda yang dijual ke Cina akan dikawin kontrak seharga Rp 400 juta. Sejauh ini diketahui ada 16 perempuan yang dijual ke Cina yang mana para korban di iming-imingi calo akan bekerja sebagai penjual kosmetik dengan gaji besar di Cina.

Sementara itu, Polri menyatakan pihaknya telah menangani kasus perdagangan perempuan muda ke China ini. Saat ini polisi telah menetapkan empat orang sebagai tersangka.

“Penanganan kasus tersebut oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat. Kejadian 27 Juni 2018, saat ini sudah ditetapkan 4 orang tersangka,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018).

Dedi menerangkan identitas keempat tersangka berinisial TDD, YH, GC dan TM. Tersangka GC merupakan warga negara China.

Check Also

Fahri Hamzah : Jokowi Harus Hati-Hati Terkait Pengakuan La Nyalla

Foto : findonews.com Jakarta, findonews.com – Pengakuan eks politikus Partai Gerindra yang kini bergabung di Partai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *