Tuesday, 26 September 2017
Home / Sains & Teknologi / Di Selandia Baru, Bullying di Internet bisa Berujung Penjara

Di Selandia Baru, Bullying di Internet bisa Berujung Penjara

source : internet
source : internet

Sebuah kebijakan baru kini diterapkan oleh negara tetangga Selandia Baru. Mereka siap memberlakukan hukuman pidana bagi siapapun yang terbukti melakukan cyberbullying. Kebijakan baru ini pun melarang adanya pengiriman pesan yang dianggap menghina ras, agama ataupun disabilitas seseorang.

Tak hanya itu, komentar atau tulisan yang dianggap bakal memberikan stress secara emosional juga bakal dianggap sebagai aktivitas cyberbullying. Bagi siapa saja yang terbukti melakukan aktivitas tersebut, maka bisa memperoleh hukuman penjara selama dua tahun. Pelaku juga bisa dapat tambahan hukuman 3 tahun penjara kalau terbukti menghasut tindakan bunuh diri pada korban.

Dan sebagai tindakan penegakan hukum terkait undang-undang baru ini, Pemerintah Selandia Baru pun membentuk lembaga digital untuk penanganan kasus seperti ini.

Dengan begitu, maka para pengguna internet di Selandia Baru pun nampaknya harus berhati-hati dalam menulis pesan ataupun komentar pada saat berada di jejaring sosial. Terlebih saat ini jejaring sosial memang cukup banyak memantik aktivitas cyberbullying.

Check Also

Tidak Suka Air Putih, Simak Beberapa Penyebabnya!

  Findonews, Jakarta – Bagi banyak orang yang sadar kesehatan, minum air putih (baca: tawar) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *