Sunday, 19 November 2017
Home / Berita Utama / Delegasi DPR Diskusikan Tindak-lanjut Kerjasama dengan Kongres Amerika

Delegasi DPR Diskusikan Tindak-lanjut Kerjasama dengan Kongres Amerika

Foto : Findonews

Findonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Amerika Serikat (AS). Kunker dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Tujuan kunjungan kerja ini untuk menindaklanjuti kerjasama penguatan DPR dengan Kongres AS.

“Amerika ini jelas sudah kalau parlemen itu adalah daulat rakyat, jadi dia betul-betul kuat dan rakyatnya tahu bahwa DPR itu kuat dan dia bisa diandalkan. Sedangkan di kita ini kan ga ada tradisi parlemen kuat itu. Dulu pernah ada siatem parlementer tapi pemerintah sering jatuh karena parlemennya berantem terus. Sehingga akhirnya rakyat jadi sinis dengan tradisi parlemen itu,” ujar Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pada Rabu (01/11/2017) waktu setempat.

Fahri memimpin Tim Reformasi yang ingin membangun citra baru di Senayan, dimana rakyat butuh DPR sebagai pemegang amanah rakyat. DPR ditargetkan ke depannya mampu menjadi pengawas pemerintah yang semakin kuat dan profesional itulah yg ingin didalami dari DPR Amerika.

“Di sini konstitusinya mengatakan bahwa APBN itu punya rakyat karena itu yang pegang DPR, pemerintah datang minta sekian dikasih sekian, ditanya dulu untuk apa itu, nggak dikasih sudah tutup pemerintahannya ya kan. Di sini ada namanya goverment shutdown, kalau parlemen bersepakat pemerintahannya jangan dikasih uang, seluruh Kantor Pemerintah tutup, pegawainya BERHENTI BERKERJA. Kalau kita kan masih nyengir pakai APBN tahun yang lalu. Ini bedanya tapi kita harus membangun parlemen yang betul-betul independen dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Selain bertemu dengan lembaga pengelola Kongres Amerika, Rombongan juga bertemu dengan Ketua House Democratic Partnership dan USINDO. Kepada USINDO Fahri meminta agar membantu secara lebih teknis penguatan kelembagaan DPR khususnya staf pendukung.

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *