Monday, 20 November 2017
Home / Gaya Hidup / Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

source : internet
source : internet

Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

Baru-baru ini, beras yang bercampur bahan plastik kini beredar di sekitar. Entah kejahatan dari otak siapa lagi yang memulai, yang jelas beras plastik sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan Guru Besar Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Fransiska Rungkat Zakaria menjelaskan, orang yang mengkonsumsi beras plastik berpotensi terkena kanker hati. Tidak hanya itu, plastik juga bisa mengendap pada organ pencernaan. Jika gagal dikeluarkan oleh pencernaan, plastik itu akan menempel di lambung dan usus.

Kalau dilihat secara sekilas memang wujud beras asli dengan plastik hampir sama. Tapi bagi mereka yang sudah terbiasa mengelola beras bisa membedakannnya. Seperti yang diungkap berbagai pakar kesehatan dan penelitian makanan, berikut kami rangkum beberapa perbedaan beras plastik dan beras asli yang harus kamu kenali. Check this out!

1. Ujung Bulir Beras

Perbedaan kedua antara beras plastik dan beras asli bisa dilihat dari ujung-ujung bulir beras. Beras asli terdapat warna putih di setiap ujungnya, warna tersebut merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat. Sedang beras bercampur plastik tidak ada warna putihnya. Secara kasat mata, beras palsu tidak ada warna putih susunya, seperti pada beras asli. Dilihat dari warna juga beras palsu lebih transparan. Kemudian lebih licin berasnya jika dipegang.

2. Guratan Bekas Sekam Padi

Dilihat secara bentuk, tampilan beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi. Secara, beras asli memang melalui proses itu. Sementara beras palsu bentuknya agak lonjong dan tidak memiliki guratan dari bekas sekam padi. Warnanya bening bersih, sempurna bentuknya.

3. Pakan Ayam

Selain melakukan tes dengan air, kamu juga bisa melakukan tes dengan memberikan contoh beras kepada ayam sebagai pakan. Saat diberikan beras asli, ayam-ayam yang berada di kandang pasti langsung memakan beras yang diberikan.

4. Sulit Patah

Perbedaan yang selanjutnya adalah bisa kamu ketahui saat kamu mematahkan atau menggigit berasnya. Kalau beras yang digigit sulit patah dan terasa bahan resin, berarti beras itu dari plastik.

5. Jika beras palsu ditaruh di atas kertas maka terlihat beras tidak natural, berbentuk lengkung, tidak ada patahan. Kalau dipatahkan akan pecah menjadi bentuk kecil-kecil. Kalau beras asli bentuk bulirnya sedikit menggembung dan kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua.

6. Salah satunya kalau yang sintetik itu jika dibakar akan meleleh dan mengeluarkan asap.

7. Saat Direndam

Jika beras asli direndam di dalam air maka air akan bewarna putih dan beras akan lembek menjadi bubur. Sedangkan beras plastik jika direndam hasilnya tidak akan menyatu dan airnya tidak akan berubah menjadi putih di ujung-ujungya tidak ada warna putih zat kapur. Selain itu, bila beras yang direndam mengambang, ada indikasi beras tersebut merupakan beras palsu yang tercampur bahan plastik sintetis.

 

 

Check Also

Pilih Mana, Iphone X atau Iphone 8 ?

Seperti biasa, antusiasme pecinta Apple tak dapat dibendung tiap kali perusahaan besutan Steve Jobs ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *