Home / Berita Utama / CARA CEK KERUSAKAN BUSI SEBELUM BERANGKAT MUDIK

CARA CEK KERUSAKAN BUSI SEBELUM BERANGKAT MUDIK

Jakarta, findonews.com – Pulang kampung atau mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi memang lebih leluasa. Memilih mudik menggunakan mobil pribadi sangat fleksibel juga nyaman.

Akan tetapi mudik akan terganggu jika mobil yang digunakan mengalami masalah pada bagian busi. Mesin akan terasa tersendat-sendat, bahkan mesin kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu sebab mesin tidak seimbang karena tenaga yang dikeluarkan tidak sama pada tiap silinder mesin.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kerusakan atau masalah pada busi mobil sebelum menempuh perjalanan mudik. Pemudik bisa mengetahui masalah tersebut baik dalam kondisi mobil mati maupun kondisi mobil hidup, dan tentunya pada saat mobil digerakkan.

Untuk diingat, jika ditemukan busi rusak, ada baiknya ganti dengan yang baru. Berikut tanda-tanda kerusakan pada busi mobil.

  • Tanda-tanda kerusakan saat mesin idle

Masalah pada busi tentunya bisa sahabat deteksi pada saat mesin mobil dalam kondisi idle. Jika terjadi masalah pada busi mobil sahabat, putaran mesin akan terasa tidak halus. Hal ini dapat sahabat rasakan dari dalam kabin mobil. Dalam keadaan idle biasanya akan muncul getaran-getaran yang menandakan busi bermasalah.

Pada saat sahabat mencoba menarik tuas gas mobil, akan terasa berat. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa ada masalah dengan busi mobil sahabat. Jika tanda-tanda tersebut sudah terasa, kita membawa mobil ke bengkel.

  • Tanda-tanda kerusakan busi saat mobil gerak

Tanda-tanda kerusakan pada busi mobil selanjutnya bisa dideteksi pada saat mobil bergerak. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi tidak maksimal. Akselerasi menjadi terhambat karena mobil kekurangan tenaga. Hal ini disebabkan oleh busi yang tidak terawat.

Jika tanda-tanda seperti ini sudah sahabat rasakan, jangan memaksakan mobil untuk melakukan akselerasi maksimal, karena nanti jika dipaksakan, mobil bisa mengalami mogok pada saat sedang melakukan perjalanan.

Segeralah kunjungi bengkel kepercayaan dan perbaiki bagian businya dengan menggantinya dengan yang baru.

  • Deteksi kerusakan busi

Segeralah periksa bagian busi mobil. Kita bisa mendeteksi apakah busi mobil masih layak pakai atau sudah harus diganti melalui warna busi.

Apabila busi berwarna kecokelatan, ini menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi kemerahan atau kuning, ini menandakan mesin mobil melakukan pemanasan berlebihan, dan bagian yang harus dicek adalah bagian pendingin.

Jika kondisi busi warna hitam gosong, itu menandakan ada yang salah dari setelan bahan bakar mobil, dan jika busi meleleh, kemungkinan kompresi mobil sahabat mengalami kebocoran, jadi segeralah bawa mobil ke bengkel terpercaya.

Check Also

NEGARA RUGI 4,58 TRILIUN, SJAMSUL NURSALIM DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS BLBI

Jakarta, findonews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sjamsul Nursalim dan istri, Itjih Nursalim, sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *