Thursday, 21 June 2018
Home / Berita Utama / Bendera Palestina Berkibar di Markas Besar PBB

Bendera Palestina Berkibar di Markas Besar PBB

 

Bendera Palestina Berkibar di Markas Besar PBB
Foto: Reuters/A Kelly

Momen bersejarah terukir dengan dikibarkannya bendera Palestina di luar markas besar PBB, di New York untuk pertama kalinya. Walau dikecam oleh Israel dan Amerika, namun upacara pengibaran tetap dilaksanakan di Rose Garden, sebuah taman di komplek markas PBB, Rabu (30/9) lalu waktu setempat.

Mamoud Abbas bersama Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon memimpin  seremoni pengibaran bendera Palestina yang juga dihadiri oleh sejumlah pemimpin dan pejabat negara, termasuk Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Dalam sambutannya, Ban Ki Moon menyatakan bahwa pada hari itu sebagai “Hari Kebangsaan warga Palestina seluruh Dunia” dan “Hari Penuh Harapan”.

Sementara Abbas mengimbau kepada seluruh rakyat Palestina di seluruh dunia untuk mengibarkan bendera milik rakyat Palestina. “Dalam momen bersejarah ini, saya menyerukan kepada rakyat kami dimana pun, kibarkan bendera milik rakyat Palestina setinggi-tingginya karena ini merupakan simbol dari identitas kami,” kata Abbas. “Ini merupakan hari yang membanggakan,” ucapnya.

Sebelumnya, Israel dan Amerika sempat menentang pengibaran bendera Palestina di markas besar PBB. Alasannya, pengibaran bendera tersebut tidak berdampak langsung terhadap perdamaian.

Meski demikian, Ban Ki Moon menyebutkan bahwa pengibaran bendera ini merupakan hal penting yang dapat memicu aksi perdamaian.

“Sekarang saatnya untuk menghadairkan kepercayaan bagi rakyat Israel dan Palestina untuk menyelesaikan perdamaian dan pada akhirnya realisasi dua negara untuk dua rakyat,” ucap Sekjen PBB yang dikutip dari Kompas.

Rakyat Palestina di Ramallah, Tepi Barat merayakan momen pengibaran bendera kebangsaan mereka itu dengansuka cita. Sambil menyaksikan siaran langsung dari televisi, mereka terlihat bersuka cita, terlebih saat mendengarkan pidato Abbas.

Check Also

Fahri Minta MUI Fatwakan Haram Kunjungan Ke Israel

Jakarta, Findonews.com  – Kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Yahya Cholil Staquf menghadiri konferensi tahunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *