Wednesday, 14 November 2018
Home / Berita Utama / Bantuan Untuk Gempa Lombok dan Palu “Gratis” Dari IMF-World Bank

Bantuan Untuk Gempa Lombok dan Palu “Gratis” Dari IMF-World Bank

Jakarta, Findonews.com – Setelah acara Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Bali beberapa waktu yang lalu, Bank dunia segera memberi kucuran dana skema bantuan bagi korban gempa Lombok dan Palu. Namun yang aneh adalah bantuan tersebut dalam bentuk pinjaman atau hutang sebesar Rp 15 Triliun.

Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI dari awal sudah menebak jika skema bantuan tersebut dalam bentuk hutang.

“Ya memang enggak ada bantuan dari IMF dan Bank Dunia yang gratis,” ujar Fahri di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/10).

Menurutnya sangat tidak masuk akal jika kedua lembaga tersebut memberikan bantuan dana secara gratis.

“Ya IMF itu lembaga keuangan internasional dan Bank Dunia itu ya bentuknya bank, bentuknya sudah pasti pinjaman plus bunganya,” jelas Fahri.

Pinjaman dengan harga sebuah ego

Selain itu Fahri juga menilai hal tersebut dapat terjadi karena sikap ego pemerintah yang tidak menaikkan status bencana menjadi bencana nasional.

“Itu yang saya bilang, umumkan segera sebagai bencana nasional. Itulah harga sebuah ego akhirnya kita ngutang,” tandas Fahri di Komplek DPR, Jakarta, Selasa (16/10).

Menurutnya, jika bencana gempa di Lombok dan Palu ditatapkan sebagai bencana nasional seperti bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu akan berdampak pada sumbangan internasional yang akan mengalir. Dalam penetapan bencana nasional, Pemerintah otomatis akan menerapkan open sky policy maka banyak lembaga internasional dan negara datang memberi sumbangan.

“Nah ini kan pemerintah nggak bikin open sky policy sehingga orang takut nyumbang. Karena orang takut nyumbang bahkan malah sebagian diusir akhirnya ngutang,” tegas Fahri.

Check Also

Lagi, Stefan Bradl Akan Gantikan Crutchlow Di GP Valencia

Findonews.com – Stefan Bradl dipastikan akan kembali menggantikan peran Cal Crutchlow pada seri pamungkas MotoGP. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *