Saturday, 18 November 2017
Home / Berita Utama / Atasi Stres Dengan Alami, Ini Caranya

Atasi Stres Dengan Alami, Ini Caranya

Foto: Inet
Foto: Inet

 

Findonews – Jangan biarkan hari – hari anda buruk karena stres, segera usir stres yang menguasai pikiran. Tingginya kadar hormon kortisol saat stres tak hanya bisa mengganggu kesehatan mental, tetapi juga fisik.

Sebenarnya tidak perlu minum obat khusus, untuk mengatasi stres. Banyak cara alami yang bisa dicoba untuk meredakan stres, seperti yang dilansir Boldsky.com berikut ini.

Tidur yang cukup
Sejumlah penelitian menemukan, orang-orang yang tidurnya kurang memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi dibanding mereka yang bisa tidur 8 jam per hari. Untuk menghidari stres berlanjut, mulailah dengan tidur yang cukup dan teratur.

Meditasi
Meditasi telah terbukti ampuh menenangkan jiwa sehingga menurunkan kadar kortisol. Banyak orang yang membiasakan diri dengan meditasi untuk mencegah maupun mengatasi stres.

Minum teh hitam
Konsumsi teh hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan stres. Minuman yang sudah ada sejak zaman dahulu ini dapat menenangkan pikiran secara alami. Ketika stres, cobalah duduk santai sambil minum secangkir teh hitam yang hangat.

Minum air putih
Tanpa disadari, tingginya kadar kortisol juga bisa disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Tubuh juga menjadi lebih lelah dan berkurangnya aliran darah ke sejumlah organ tubuh. Jangan lupakan kebiasaan minum air putih yang cukup agar tidak mudah stres.

Konsumsi makanan sehat
Sejumlah makanan tertentu yang sehat dipercaya dapat menurunkan kadar stres. Contohnya, cokelat hitam, salmon, dan buah-buahan. Biasakan makanan sehat bergizi seimbang dan tinggalkan junk food. Kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut berperan dalam mengurangi kadar kortisol.

Makan permen karet
Mungkin banyak orang sudah jarang makan permen karet. Beberapa studi mengungkapkan, makan permen karet membantu mengurangi stres. Penelitian menemukan, rasa permen karet dapat meningkatkan aktivitas saraf dan efektif mengurangi tingkat stres.

OlahragaTak dapat dipungkiri, olahraga dapat menurunkan stres karena memicu pelepasan hormon bahagia. Olahraga teratur membantu seseorang melupakan sesuatu hal yang membuat stres.

Check Also

Marquez Kuasai Tes Hari Ke-2 Valencia

Findonews.com – Hari kedua tes di Sirkuit Ricardo Tormo menjadi milik Juara Dunia 2017 Marc …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *