Friday, 19 October 2018
Home / Sains & Teknologi / Apple Berikan Kapasitas RAM Dua Kali Lipat untuk iPhone dan iPad Terbaru

Apple Berikan Kapasitas RAM Dua Kali Lipat untuk iPhone dan iPad Terbaru

27ApiPhone dan iPad terbaru dari Apple telah secara resmi diperkenalkan. Dan publik pun bisa mengetahui spesifikasi dari perangkat terbaru milik Apple tersebut. Meski begitu, tak semua spesifikasi diungkapkan secara gamblang oleh pihak Apple.
Dari informasi yang diungkapkan oleh seorang developer bernama Hamza Sood, terungkap kalau iPhone dan iPad terbaru ternyata mempunyai kapasitas RAM dua kali lipat dibandingkan pendahulunya. Hamza memanfaatkan sebuah tool untuk bisa mengetahui kapasitas RAM pada produk Apple terbaru.

Dari situ dia menemukan kalau iPhone 6s dan 6s Plus diketahui mempunyai RAM berkapasitas 2GB. Sementara itu iPad Pro yang menawarkan layar berukuran besar 12,9 inci diketahui mempunyai RAM berkapasitas yang juga raksasa 4GB.

Lalu apakah sebuah perangkat berbasis iOS memang membutuhkan RAM berkapasitas besar? RAM berkapasitas besar ternyata tak sepenuhnya perlu bagi pengguna iOS. Hal ini karena kebanyakan aplikasi iOS didesain bisa berjalan dengan menggunakan memory kecil.

Meski begitu, bukan berarti keberadaan RAM berkapasitas besar merupakan hal yang sia-sia. RAM berkapasitas besar bakal berguan ketika digunakan untuk melakukan multitasking. Terlebih iPad Pro secara khusus dirancang oleh Apple untuk mengatasi tugas yang berat.

Ditambah lagi, Apple mengatakan kalau prosesor A9X yang tersemat pada prosesor tersebut mempunyai kecepatan lebih tinggi dibandingkan chip prosesor pada PC. Dengan kinerja yang meningkat, tentu cukup masuk akal kalau iPad Pro juga butuh RAM lebih besar.

Sebagai tambahan, menurut laporan dari 9to5Mac, software untuk prosesor berbasis 64-bit ternyata juga butuh kapasitas memory yang lebih besar jika dibandingkan software 32-bit. Dan hal ini bisa jadi alasan utama kenapa Apple juga meningkatkan kapasitas RAM untuk produk iPhone terbarunya.

Check Also

Apple Disebut Rilis iPad Pro dan Mac Pada 30 Oktober

Jakarta, Findonews.com – Apple dikabarkan tengah menyiapkan sebuah hajatan untuk peluncuran dua produk sekaligus pada 30 Oktober …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *