Sunday, 21 October 2018
Home / Berita Utama / 7 Duel Kunci Prancis vs Belgia di Semifinal Piala Dunia 2018

7 Duel Kunci Prancis vs Belgia di Semifinal Piala Dunia 2018

Jakarta, Findonews.com – Timnas Prancis akan menghadapi Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg, Rabu (11/78) dinihari. Berikut duel-duel kunci pada laga nanti.

Prancis dan Belgia sukses tampil konsisten di Piala Dunia 2018 yang penuh kejutan sejak awal. Mereka bisa memaksimalkan potensi tim dengan baik.

Di babak semifinal nanti, Prancis dan Belgia akan saling bunuh demi tiket menuju final. Berikut tujuh duel kunci laga tersebut:


1. Olivier Giroud vs Vincent Kompany

Olivier Giroud sepertinya akan kembali diandalkan oleh Didier Deschamps sebagai ujung tombak di laga lawan Belgia. Menghadapi Belgia yang punya bek besar macam Vincent Kompany, Giroud adalah pilihan ideal.

Meski belum mencetak gol, Giroud tetap dalam kondisi kepercayaan diri. Ia mendapat banyak pembelaan dan perannya di lapangan diyakini memudahkan Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe untuk menerobos pertahanan.

Kompany harus siap dengan duel-duek udara saat umpan panjang dikirimkan ke arah Giroud dan juga beradu kuat dalam aliran bola-bola pendek.

Bila Giroud berhasil diisolasi dan dimatikan pergerakannya, maka Griezmann dan Mbappe bakal kesulitan mendapatkan bola dari Giroud untuk merobek pertahanan lawan.

2. Kylian Mbappe vs Nacer Chadli

Kylian Mbappe adalah pemain muda paling bersinar di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Kecepatan yang dimiliki oleh Mbappe membuat tim-tim lawan sering kerepotan mengimbanginya.

Dalam laga lawan Prancis, Belgia mesti siaga menghadapi alur serangan dari sisi kiri pertahanan mereka.

Nacer Chadli sepertinya bakal lebih fokus bertahan di laga kali ini, untuk membantu Jan Vertonghen meredam kepiawaian Mbappe.

Saat naik mmebantu serangan, Chadli tetap harus mengawasi pergerakan Mbappe. Bila ia terlalu asik berkolaborasi dengan Eden Hazard, bukan tak mungkin Mbappe sudah meninggalkan dirinya jauh di depan saat serangan balik Prancis dilakukan.

3. Antoine Griezmann vs Axel Witsel

Peran Antoine Griezmann sebagai striker lubang membuat dirinya bisa bergerak bebas di lapangan. Gerakan-gerakan Griezmann ini yang harus bisa dijaga dengan baik oleh Belgia.

Axel Witsel sebagai gelandang jangkar bertugas mempersempit ruang gerak Griezmann. Kaki Witsel tak boleh lelah selama laga berlangsung karena Griezmann kerap akan berganti sisi lapangan sepanjang laga demi menemukan celah di lini pertahanan Belgia.

4. N’Golo Kante vs Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne adalah jenderal lini tengah Belgia. Ia bertanggung jawab atas aliran serangan-serangan tim berjuluk ‘The Red Devils’ tersebut.

Dalam laga lawan Prancis, De Bruyne akan diadang tugas berat karena bakal diganggu oleh N’Golo Kante. Kante adalah tipe gelandang dengan daya jelajah luas, stamina prima, dan berani berduel. De Bruyne dan Kante sendiri sama-sama sudah mengetahui karakteristik satu sama lain.

Bila De Bruyne mampu melepaskan diri dari pengawalan ketat Kante, maka peluang Belgia untuk menang akan semakin besar.

5. Benjamin Pavard vs Eden Hazard

Bila pergerakan Kevin De Bruyne terkunci oleh lini tengah Prancis, Belgia masih bisa berharap dengan langsung mengalirkan bola kepada Eden Hazard. Meski berposisi sebagai penyerang sayap, Hazard punya olah bola, visi bermain, dan pembacaan strategi lawan yang baik.

Sosok yang bertugas mengawasi pergerakan Eden Hazard adalah Benjamin Pavard. Bek muda berusia 22 tahun ini bakal menemui ujian terberat di Piala Dunia 2018 karena Hazard tengah berada dalam kondisi terbaik.

Pada laga lawan Brasil, Hazard dengan piawai menunjukkan kemampuannya menahan bola, mengatur serangan, atau tiba-tiba melakukan serangan langsung dengan cepat. Pavard jelas tak boleh lengah satu detikpun di laga ini.

6. Samuel Umtiti vs Romelu Lukaku

Romelu Lukaku akan jadi ancaman terbesar di kotak penalti Prancis pada laga nanti. Lukaku punya insting gol yang bagus dan penyelesaian akhir yang mematikan.

Bukan itu saja, Prancis beruntung bisa menyaksikan aksi Lukaku berlari dari tengah lapangan membelah pertahanan Brasil untuk memberi assist pada De Bruyne.

Dengan demikian, Prancis sudah paham bahwa Lukaku bukan hanya sosok berbahaya di kotak penalti.

Samuel Umtiti bakal diberi tugas menjaga Lukaku, berkoordinasi dengan Raphael Varane. Penampilan apik lini belakang saat menghadapi Uruguay bakal jadi modal untuk menambah kepercayaan diri.

7. Hugo Lloris vs Thibaut Courtois

Dua penjaga gawang, Hugo Lloris dan Thibaut Courtois akan jadi penentu kemenangan bagi masing-masing tim. Lloris tidak terlalu mendapat banyak ujian dalam laga lawan Uruguay sedangkan Courtois tampil brilian dalam laga lawan Brasil.

Dengan gaya main kedua tim yang cenderung ofensif, sepertinya baik Lloris maupun Courtois bakal jatuh-bangun di laga ini.

 

Check Also

Anies ke Djarot soal Kelamaan Jomblo: Berkaca Dulu

Jakarta, Findonews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons Djarot Saiful Hidayat terkait posisi kosong Wakil Gubernur DKI usai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *