Sunday, 19 August 2018
Home / Berita Utama / 5 Jenis Ikan Mas Koki Kontes

5 Jenis Ikan Mas Koki Kontes

maskoki-ranchu

 

Findonews – Karena mudah disilangkan maka saat ini terdapat banyak sekali jenis ikan mas koki yang beredar. Bahkan ilmuan Cina bernama Shisan Chen berpendapat bahwa hingga saat ini terdapat 126 jenis baru mas koki yang benar-benar berbeda dari indukannya. Ikan ini merupakan jenis ikan paling awal yang dipelihara oleh manusia, sifatnya yang kuat dalam bertahan hidup dan mudah melakukan persilangan membuat jenis ikan ini terus berkembang baik dalam jumlah maupun jenisnya.

Saat ini di Jakarta dan kota-kota besar para komunitas pencinta ikan mas koki masih sering melakukan kontes secara berkala. Tentunya dengan banyaknya jumlah jenis ikan mas koki yang ada, maka tidak semua jenis dapat diperlombakan. Dibawah ini merupakan 5 jenis ikan mas koki yang dapat anda pilih jika ingin mengikuti kontes yang akan berlangsung:

  1. Ranchu. Ikan yang juga dikenal dengan nama “Sang Raja” ini tampak gagah saat berlenggak-lenggok dengan tubuhnya didalam akuarium jernih yang terisi dengan air tawar. Warna dominan kuning emas tanpa sirip atas ini juga ditemukan dengan bercak putih, hitam, merah hingga warna biru pada badannya. Gelembung kecil yang bergerombol pada wajahnya membuat tampilan ikan yang satu ini sangat menggemaskan.
  2. Suihogan. Jenis ini merupakan bentuk langsing dari jenis Ranchu tanpa memiliki gelembung yang berkumpul di kepalanya. Gelembung yang ada adalah pada mata si ikan. Gelembung tampak unik dan bisa sangat membesar, inilah yang membuat ikan sering diadu pada kelas unik dalam kontes.
  3. Oranda. Ikan berekor panjang sebanyak 4 buah ini banyak dipelihara oleh para hobies. Tudung kepala seperti buah raspberry yang bergerombol membuat wajah ikan terlihat menggemaskan. Ikan jenis ini yang banyak dicari adalah ikan dengan warna putih polos bersih dengan tudung kepala berwarna merah menyala.
  4. Ryukin. Ikan dengan warna cerah yang beragam ini memiliki bentuk yang gagah. Perbandingan 1:1 antara lebar perut dan punggung ikan membuatnya tampak kokoh saat berenang. Sirip panjang yang dimiliki serta mulut yang runcing membuat ikan ini jadi pilihan beberapa hobies untuk disertakan kedalam kelas kontes. Perawatan yang baik akan membuat ikan ini mencapai ukuran terbesarnya yaitu 25 cm, yang mana sangat besar bagi ukuran jenis ikan mas koki lainnya.
  5. Black Moor. Mata teleskop yang menonjol dengan bentuk badan yang tidak terlalu besar membuat ikan ini disebut sebagai popeye di kalangan para hobies. Di dalam kontes, salah satu penilaian jenis ikan ini adalah proporsional tubuh dan kepekatan warna hitam yang dimiliki.

Nah itu dia ke 5 jenis ikan mas koki yang masih sering masuk dalam kategori kontes yang diadakan. Pilih jenis yang dapat memberi peluang untuk anda lebih besar dalam menjuarai lomba seperti jenis Black moor, Suihogan dan Oranda, karena kelas Ryuikin dan Ranchu biasanya sudah dipegang oleh para breeder dan hobies kawakan yang sudah sering berlomba dan berhasil menyabet juara di kelas tersebut.

Check Also

Ada Untung dan Rugi Imbas Krisis Turki

Jakarta, Findonews.com – Jatuhnya ekonomi Turki beberapa hari belakangan memberikan imbas bagi pasar global, meski pelaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *