Saturday, 15 December 2018
Home / Berita Utama / 10 Akun Politisi/Pejabat Negara yang Paling Banyak Dibicarakan Twitter Indonesia

10 Akun Politisi/Pejabat Negara yang Paling Banyak Dibicarakan Twitter Indonesia

Foto : TwitterIndonesia

Jakarta, Findonews.com – Twitter Indonesia merilis daftar 10 akun politisi/pejabat negara yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun 2018. Di posisi dua teratas merupakan sosok yang akan bersaing dalam Pemilihan Presiden 2019. Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo berada di urutan pertama disusul calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di posisi kedua. Baik Jokowi dan Prabowo memang cukup aktif di Twitter untuk membagikan kegiatan dan pemikiran mereka.

Akun @Jokowi dengan 10 juta pengikut terakhir kali berkicau soal pembantaian pekerja di Papua oleh kelompok bersenjata. Akun @Prabowo dengan 3,3 juta pengikut terakhir kali berkicau mengenai pertemuannya dengan kaum disabilitas.

Di urutan ketiga dan keempat ada akun duo wakil ketua DPR, Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Kedua wakil rakyat tersebut selama ini memang selalu aktif di Twitter dan kerap menyampaikan kritik pada pemerintahan Jokowi. Keduanya juga aktif berinteraksi dengan pengguna Twitter lain. Bahkan, keduanya mempunyai layar jumbo di ruang kerjanya untuk memantau hal-hal yang sedang ramai di timeline. Di posisi kelima, ada Sandiaga Salahuddin Uno, yang tak lain merupakan calon wakil presiden Prabowo di Pilpres 2019. Sama seperti Prabowo dan Jokowi, Sandiaga selalu aktif membagikan kegiatannya lewat situs mikro blogging. Akun @Sandiuno dengan 1 juta pengikut terakhir kali mengunggah fotonya saat berada di Masjid Tiban, Kabupaten Malang. Di urutan keenam, ada Anggota Dewan Pengarah Badan Ideologi dan Pembinaan Pancasila Mahfud MD. Lewat akun @MohmahfudMD, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini kerap membagikan pemikirannya mengenai masalah hukum dan politik di Indonesia. Di urutan selanjutnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lewat akun @aniesbaswedan yang punya 2,3 juta pengikut, Anies aktif berkicau seputar kegiatannya sebagai pemimpin ibu kota. Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono berada di urutan kedelapan dalam daftar ini. Lewat akun @SBYudhoyono, ia kerap berbicara mengenai isu-isu yang tengah hangat. Tak jarang juga kicauannya ditujukan sebagai kritik untuk pemerintahan Jokowi. Di urutan kesembilan ada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Susi sering membagikan kegiatannya sebagai menteri lewat akun Twitter @susipudjiastuti. Menteri nyentrik ini juga tak segan-segan menjawab langsung kritik yang ditujukan kepadanya lewat Twitter. Ia pernah menjawab kritik yang disampaikan Fadli Zon dan Sandiaga dengan menyerang balik keduanya. Di urutan terakhir, ada Ridwan Kamil yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat. Belakangan, ia kerap membeberkan rencana pembangunan kawasan Jawa Barat lewat akun Twitternya @ridwankamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga kerap merespon keluhan warga lewat Twitter.

Head of Communications Twitter Indonesia Priscila F. Carlita mengatakan, Twitter menghitung jumlah mention terhadap akun / nama di Twitter untuk menentukan akun yang paling banyak dibicarakan sepanjang 2018. “Nama mereka ini maksudnya bisa nama panjang atau nama panggilan,” kata dia. Akun-akun yang sifatnya spam atau melakukan fake engagement yang melanggar peraturan Twitter tidak akan ikut dihitung. Jadi, jumlah mention yang didapatkan adalah metrik yang bersih dari akun-akun spam/fake. “Misalnya, akun X di-mention oleh akun Z yang terbukti melakukan fake engagement di Twitter. Kami tidak akan menghitung mention yg dilakukan oleh akun Z tersebut,” kata Priscilia.

Check Also

Fahri Hamzah : Jokowi Harus Hati-Hati Terkait Pengakuan La Nyalla

Foto : findonews.com Jakarta, findonews.com – Pengakuan eks politikus Partai Gerindra yang kini bergabung di Partai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *